Untuk Pengembangan Kopi dan Kakao oleh Pemkab, DPRD Mura Siap Dukung Melalui Anggaran

, PURUK CAHU – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () (Mura) Provinsi Kalimantan Tengah () Dr. Doni, SP., M.Si yang didampingi Pejabat (Pj) Kepala Daerah Kabupaten Murung Raya (Mura) Dr. Drs. Hermon, M.Si pada saat dikonfirmasi oleh awak media pada saat usai menggelar Rapat Paripurna Ke – 3 Masa Sidang II di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Murung Raya (Mura) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) pada, Jum’at lalu (26/7/2024) tepat siang hari.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Murung Raya (Mura) Dr. Doni, SP., M.Si menyatakan, bahwa pihaknya siap mendukung upaya Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Murung Raya (Mura) dalam pengembangan dan di wilayah Kabupaten Murung Raya (Mura).

Ketua DPRD Kab. Mura mengatakan bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Murung Raya (Mura) telah melakukan kunjungan dan menjalin kerjasama melalui MoU dengan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka) Indonesia PT. Riset Perkebunan Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur (Jatim) untuk melakukan Pengembangan Kopi dan Kakao di Kabupaten Murung Raya (Mura).

“Kita DPRD, mendukung dan akan mewujudkan dukungan tersebut dalam bentuk anggaran. Agar nantinya masyarakat bisa menyiapkan lahan dan tugas kita menyiapkan anggaran untuk membeli bibit, baik Kopi dan Kakao supaya perkebunan khususnya di wilayah Kabupaten Murung Raya (Mura) lebih kuat dan membantu membangkitkan semangat ekonomi rakyat,” sampai Ketua DPRD kepada awak media didampingi Pj. Bupati.

Perihal itu disampaikannya pada saat diwawancarai awak media usai menggelar Rapat Paripurna Ke – 3 Masa Sidang II dalam agenda penyerahan materi rancangan perubahan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2024 oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Murung Raya (Mura) kepada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Murung Raya (Mura) di Gedung DPRD Kabupaten Murung Raya (Mura) pada, Jum’at (26/7/2024) lalu.

Terlebih lagi menurut Ketua DPRD, Kabupaten Murung Raya (Mura) memang didorong oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) agar bisa dijadikan sentra atau lokasi untuk Pengembangan Tanaman Perkebunan Kopi dan Kakao.

“Saya sangat mendukung pengembangan tanaman perkebunan itu,” ungkap Ketua DPRD Kab. Mura, Dr. Doni, SP., M.Si.

Selain dari pada itu, ia menerangkan kegiatan reses yang dilakukan oleh DPRD Kab. Mura ke beberapa Desa dan Kelurahan di Wilayah Kecamatan di Kabupaten Murung Raya (Mura). Pihaknya pun mendengar dan menyerap aspirasi masyarakat yang disampaikan ke pihaknya di dalam Pokok – pokok pikiran (Pokir).

“Kita nanti fokus ke sana,” tutupnya Ketua DPRD Mura. (Sam)