Mendorong Kolaborasi Pengusaha Lokal untuk Perekonomian yang Berkelanjutan

Anggota Komisi B DPRD Palangka Raya, Khemal Nasery

, – Anggota Komisi B Palangka Raya, Khemal Nasery mendorong pemerintah kota untuk bisa memaksimalkan keberadaan para pengusaha lokal dalam perannya membangun perekonomian.

“Harus ada upaya mendorong serta memberdayakan potensi dari para pengusaha lokal, agar mampu maju dan bersaing dengan pengusaha yang berasal dari luar daerah,” ucapnya, Selasa (30/7/2024).

Ada baiknya lanjut dia, pemerintah mendorong para pengusaha lokal agar mampu menjadi mediator dengan lembaga negara ataupun swasta dalam mendapatkan bantuan permodalan.

pengusaha memiliki standar kompetensi. terutama bagi yang bergerak di bidang konstruksi agar memiliki manajemen yang profesional,” tambahnya.

Pesatnya di bawah visi dan dan misi Walikota Palangka Raya Fairid Naparin dan wakilnya selama ini, telah mendapatkan apresiasi banyak pihak. Baik dari pemerintah daerah sendiri, pengusaha dan masyarakat.

“Ini celah yang bisa dimanfaatkan pemerintah dalam membantu keberlangsungan para pengusaha lokal. Jangan sampai mereka hanya menjadi penonton dan terus menggunakan jasa para pengusaha luar,” lanjutnya.

Paling tidak kata dia, pemerintah mampu menyediakan proyek yang bisa dimanfaatkan oleh pengusaha lokal agar tetap mampu berkiprah dalam pembangunan daerahnya sendiri, sehingga mampu menjadi jalan untuk menciptakan SDM lokal yang unggul.

“Bukan hal yang mustahil pada saatnya pemerintah anya mengandalkan atau menggunakan jasa para pengusaha lokal dalam setiap program pembangunan,” ungkapnya. (udi)