Anggota DPRD Kalteng Desak BPOM dan Polisi Usut Soal Keracunan Anak di Palangka Raya

Ketua Komisi III DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Siti Nafsiah

, – Ketua Komisi III Kalimantan Tengah (), Siti Nafsiah, mendesak Balai Pengawasan Obat dan Makanan (), kepolisian dan pihak terkait lainnya untuk menyelidiki penyebab insiden yang menimpa sejumlah anak sekolah di Palangka Raya.

Insiden keracunan yang terjadi beberapa hari lalu mengakibatkan beberapa anak harus dilarikan ke rumah sakit. Nafsiah menegaskan perlunya penyelidikan mendalam untuk mengetahui sumber dan penyebab pasti kejadian tersebut.

“Kita harus waspada karena banyak makanan instan dan siap saji yang sering dikonsumsi oleh anak-anak,” ujar Nafsiah, mengingatkan pentingnya kehati-hatian dalam mengawasi asupan makanan anak-anak, Selasa (6/8/2024).

Ia juga menekankan perlunya pembatasan terhadap konsumsi makanan instan bagi anak-anak di masa mendatang.

Selain itu juga, Nafsiah mengingatkan bahwa di Banjarmasin, anak-anak sering membeli makanan dari luar sekolah. Oleh karena itu, penting untuk mengontrol konsumsi makanan instan bagi mereka.

“Begitu anak-anak masuk sekolah, pagar sekolah sebaiknya ditutup untuk mencegah mereka membeli makanan dari luar yang tidak higienis dan berpotensi mengandung bahan pengawet serta pewarna yang tidak sehat,” tambahnya.

Nafsiah berharap, langkah-langkah pencegahan ini dapat mengurangi risiko kejadian serupa di masa depan, sekaligus memastikan dan keselamatan anak-anak tetap terjaga. (asp)