MTQ VII Korpri Tingkat Nasional Tahun 2024 Siap Digelar di Kalteng

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA – Musabaqah Tilawatil Qur’an () ke-VII Kors Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Tingkat Nasional Tahun 2024, siap digelar di Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah () pada tanggal 3-10 November 2024.

Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional, Zudan Arif Fakrulloh, mengatakan MTQ VII Korpri ini menjadi bagian dari HUT Korpri Ke-53 Tahun 2024, merupakan agenda rutin dua tahunan DP Korpri Nasional.

Zudan Arif Fakrulloh menyebutkan, dimaksudkan dalam rangka mempererat silaturrahmi, memperkokoh spiritualitas, religiusitas, dan menumbuhkan nilai rohani ke dalam birokrasi serta meningkatkan Syiar dan Ukhuwah Islamiyah antar Korps Pegawai Republik Indonesia se-Indonesia.

Dia menambahkan, pelaksanaan MTQ VII Korpri 2024 memusabaqahkan 9 Cabang dan 30 Golongan dengan 180 pemenang, akan diikuti lebih 3.000 ASN/ mewakili 100 lebih kafilah yang berasal dari Kementerian/Lembaga dan Provinsi dari seluruh Indonesia.

“Serta dinilai oleh 125 Dewan Hakim, Dewan Pengawas dan Panitera yang sudah berpengalaman di gelaran MTQ Tingkat Nasional maupun ,” ucap Zudan Arif Fakrulloh, pada kegiatan launching sekaligus sosialisasi MTQ ke-VII Korpri, di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (6/8/2024).

Selain Musabaqah, sambungnya, MTQ juga dirangkai dengan kegiatan lain seperti Malam Ta’aruf, Pawai Ta’aruf, Pameran/Bazaar, Seminar Nasional Al-Qur’an dan Dialog Nasional Kaligrafi serta City Tour Kafilah.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah () telah menyiapkan anggaran Rp3 miliar lebih untuk mendukung pelaksanaan MTQ tersebut.

Sekda Provinsi Kalteng, Nuryakin, mengatakan pemerintah provinsi mendukung secara penuh pelaksanaan MTQ Korpri Nasional 2024 di Kota Palangka Raya. Bukan hanya , dukungan yang diberikan juga berupa fasilitas dan venue.

“Hari ini kita launching MTQ Korpri Nasional 2024 di Kota Palangka Raya dan nanti juga akan dilakukan sosialisasi agar pelaksanaannya lebih optimal,” ujarnya.

Menurut Nuryakin, MTQ Korpri Nasional 2024 rencananya akan diselenggarakan pada awal November 2024. Kegiatan akan digelar di tiga lokasi, yakni Lapangan Sanamanan Matikei, Masjid Raya Darussalam, dan .

“Untuk dewan juri kita bekerjasama dengan LTPQ. Kita yakin jurinya nanti adalah juri yang berkompeten sehingga dapat menghasilkan juara yang berkualitas,” pungkasnya. (asp)