Pemprov Komitmen Dukung Upaya Penanganan Karhutla di Kalteng

Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Yuas Elko (paling kiri) saat menghadiri Penutupan Latihan Lapangan dalam rangka Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan, di Makorem 102/Panju Panjung (Foto: MMC Kalteng)

BALANGANEWS, – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah ( Kalteng) berkomitmen untuk terus memperkuat upaya-upaya pengendalian Hutan dan Lahan (karhutla) di Bumi Tambun Bungai.

Hal tersebut disampaikan oleh Sahli Kalteng, usai menghadiri Penutupan Latihan Lapangan (simulasi) dalam rangka Penanggulangan Kebakaran Hutan & Lahan TA 2024, di Lapangan Makorem 102/ Panju Panjung, Kamis (8/8/2024).

“Pemerintah provinsi komitmen mendukung dalam upaya penanganan Karhutla di Kalimantan Tengah,” ujar Yuas Elko.

Untuk itu, Yuas Elko meminta kepada seluruh stakeholders serta masyarakat untuk saling meningkatkan kerjasama, saling bahu-membahu dalam upaya penanggulangan karhutla.

“Ketika ada titik-titik kebakaran agar segera ditangani agar tidak meluas,” imbuhnya.

Sementara itu, Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen Iwan Setiawan dalam amanatnya mengungkapkan upaya pengendalian karhutla di Kalteng terus mengalami perbaikan dari tahun ke tahun, termasuk saat terjadi fenomena el nino.

“Kebakaran hutan bukan hanya terjadi di Kalteng, bahkan hampir di semua republik terutama yang memiliki hutan mempunyai permasalahan yang sama tetapi tingkat kesulitannya berbeda-beda,” tuturnya.

“Ini tidak semata mata dengan kita berdiam diri, tetapi dengan kerjasama atau sinergisitas TNI/ , serta rekan-rekan yang turut punya tanggung jawab moral apakah secara kedinasan, secara pribadi untuk bersama-sama mencegah Karhutla pada tahun 2023 lalu,” sambungnya.

Lebih lanjut, Iwan mengatakan,bahwa kegiatan ini adalah kegiatan latihan bagaimana mekanisme hubungan komandan dan staf, bagaimana sinergisitas dengan semua komponen yang ada di wilayah untuk bersama-sama bersinergi bagaimana mendeteksi, mencegah Karhutla tahun 2024 ini yang diprediksi pada bulan Agustus dan September 2024. (asp)