Turnamen Catur Nasional Gubernur Cup 2024 Diharap Lahirkan Atlet Berprestasi

Foto bersama usai pembukaan Turnamen Catur Kategori III Nasional Gubernur Cup 2024, yang dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng, Sabtu (24/8/2024) malam

, PALANGKA RAYA – Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kalimantan Tengah () menggelar Open Turnamen Catur Kategori III Nasional Gubernur Cup 2024.

Kegiatan ini dibuka oleh Gubernur Kalteng, H. , yang diwakili oleh Plh Staf Ahli (Sahli) Bidang , dan Politik, Ahmad Husain, di Aula Berkah Kantor Dinas Kalteng, Sabtu (24/8/2024) malam.

Ia mengatakan, kejuaraan ini menjadi ajang pembinaan yang baik untuk para atlet catur khususnya pecatur Kalteng untuk dapat menguji dan meningkatkan kemampuannya, serta menambah jam terbang melawan atlet-atlet terbaik di turnamen ini.

Ahmad Husain mengharapkan, turnamen catur ini nantinya dapat turut melahirkan pecatur-pecatur handal dan berprestasi yang mampu membawa nama harum daerah di kancah nasional dan bahkan internasional.

“Semoga kegiatan ini dapat berjalan sukses dan lancar serta dapat berkontribusi positif terhadap peningkatan prestasi catur di Kalimantan Tengah khususnya dan di Indonesia pada umumnya,” harapnya.

Sekretaris Percasi Kalteng, Ilham Busra, menambahkan bahwa Pengprov Percasi sangat berbangga karena telah diberi amanah untuk kembali mengundang pecatur ke Bumi Tambun Bungai ini.

Sekretaris KONI Kalteng ini juga menyebutkan, bahwa hadiah yang disiapkan oleh Panitia sangat besar. Panitia menyiapkan total hadiah Rp 100 juta lebih.

“Panitia menyiapkan hadiah sangat besar, dan ini sejarah untuk Kalteng yakni berjumlah total 100 juta lebih. Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemprov, Ketua Harian PB Percasi pak ,” kata Ilham.

Ketua Panitia Turnamen Catur Kategori III Nasional Gubernur Cup 2024, Hasanuddin Noor, menuturkan tujuan turnamen tersebut untuk meningkatkan pembinaan terhadap catur sekaligus sebagai ajang bergengsi untuk melahirkan atlet terkhusus di Bumi Tambun Bungai.

“Turnamen ini menjadi ajang bergengsi untuk melahirkan gelar master catur baru di Indonesia, mengingat peserta yang berpartisipasi terdiri dari berbagai tingkatan, mulai dari grandmaster, master internasional, master fide, hingga master nasional dari berbagai wilayah di tanah air,” ujarnya.

Hasan menambahkan, jumlah peserta Turnamen Catur Kategori III Nasional Gubernur Cup 2024 ini diikuti lebih 350 peserta, dengan katagori senior putra putri dan pelajar SD hingga SMA putra putri.

“Semoga turnamen catur Kategori III Nasional Gubernur Cup 2024 ini dapat berlan lancar sehingga dapat melahirkan atlet catur yang berprestasi,” pungkasnya. (asp)