KPU Kalteng Buka Tanggapan Masyarakat terkait Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Tengah () membuka kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat Kalteng untuk memberikan tanggapan atau masukan terkait pasangan bakal calon (Bacalon) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua KPU Kalteng, Sastriadi, pada Sabtu (14/9/2024).

Menurut Sastriadi, masyarakat dapat menyampaikan masukan atau tanggapan melalui portal publikasi pemilu dan pemilihan.

“Selain melalui portal online, masyarakat juga bisa menyampaikan secara langsung dengan mendatangi Kantor KPU Kalteng di Jl. Jenderal Sudirman No.04, Kota Palangka Raya,” jelasnya.

Tahapan penerimaan masukan dan tanggapan masyarakat akan berlangsung mulai tanggal 15 September hingga 18 September 2024.

Sastriadi berharap masyarakat bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk berpartisipasi aktif dalam proses , khususnya dalam memberikan masukan terkait pasangan calon.

Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Kalteng, Harmain, menambahkan bahwa berdasarkan Pengumuman Nomor 238/PL-02.2-PU/62/2024, ada empat pasangan calon (Paslon) yang akan berkompetisi dalam Pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng pada .

Pasangan-pasangan tersebut adalah dan Sri Suwanto, dan Edy Pratowo, Willy Midel Yosep dan Habib Ismail, serta Nadalsyah dan .

Lebih lanjut, Harmain menyebutkan bahwa keempat pasangan calon telah memenuhi persyaratan administrasi yang ditetapkan.

“Berdasarkan hasil penelitian persyaratan administrasi dan perbaikan dokumen, semuanya dinyatakan memenuhi syarat,” imbuhnya.

Selain itu, dalam pengumuman tersebut juga disebutkan bahwa keempat pasangan calon tidak memiliki status sebagai mantan terpidana. Dengan ini, proses Pilkada 2024 diharapkan dapat berjalan lancar dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Pihak KPU Kalteng mengajak seluruh masyarakat untuk aktif memberikan masukan dan berpartisipasi dalam menyukseskan 2024. (asp)