Gubernur Kalteng Instruksikan Pemkab dan Pemkot Sukseskan Program Cetak Sawah

Wakil Gubernur Kalteng, H. Edy Pratowo

BALANGANEWS, Kalimantan Tengah (), H. , meminta seluruh Pemerintah Kabupaten dan Kota di Kalteng untuk bekerja sama dalam menyukseskan program cetak sawah di provinsi ini.

“Atas nama Gubernur, saya menginstruksikan kepada seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota untuk bersinergi dan berkolaborasi menyukseskan program ini. Jangan sampai ada kesan bahwa Kementerian Pertanian sudah bekerja keras, tetapi dari Pemerintah Provinsi, Kabupaten, atau Kota kita tidak maksimal,” kata Wakil Gubernur Kalteng, , dalam rapat koordinasi, Jumat (20/9/2024).

Wagub Edy Pratowo meyakini bahwa program cetak sawah akan berhasil jika semua pihak yang terlibat bisa bekerja sama dengan baik.

“Kita tunjukkan bahwa Kalteng bisa berdaulat dan berkontribusi dalam penyediaan sumber pangan bagi Indonesia,” tegasnya.

Program cetak 1 juta hektare (Ha) lahan pertanian merupakan peluang besar bagi Kalimantan Tengah untuk mendukung .

Direktur Jenderal Sarana dan Prasarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian RI, Andi Nur Alamsyah, juga menekankan pentingnya menghilangkan ego sektoral dalam pelaksanaan program ini.

“Kita semua harus melebur jika ingin program cetak sawah 1,2 juta Ha ini berhasil. Kolaborasi sangat penting, karena tantangannya besar, terutama menghadapi lahan rawa yang berat dan tipologi lahan yang sangat beragam,” jelas Andi.

Dia mengajak semua pihak untuk membuka diri dan bekerja sama. “Mari kita berkolaborasi dan bersinergi. Insya Allah, program 1 juta Ha lahan di Kalteng ini akan sukses,” ajaknya. (asp)