Dukung Pilkada Damai, Forum Kebangsaan Kalteng Luncurkan Deklarasi Bersama

Forum Kebangsaan Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Paguyuban Provinsi Kalimantan Tengah deklarasi pilkada damai

, – Forum Kebangsaan Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Paguyuban Provinsi Kalimantan Tengah menyatakan komitmen bersama dalam Deklarasi Pilkada Damai 2024.

Kordinator Forum Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Kebangsaan Adie mengatakan, bahwa deklarasi ini merupakan upaya untuk menjaga stabilitas dan keamanan selama pelaksanaan Pilkada serentak 2024 di provinsi tersebut.

“Ada beberapa poin penting, yang ditekankan dalam hal ini di antaranya menegaskan komitmen menjaga kedaulatan, persatuan, dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ucapnya, Senin (23/9/2024).

Kemudian saling sinergi dengan aparat keamanan yang mana siap mendukung dan bersinergi dengan / dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) agar tetap kondusif selama proses Pilkada berlangsung.

“Sukseskan dengan mengajak seluruh elemen masyarakat Kalimantan Tengah untuk ikut serta menyukseskan Pilkada serentak di wilayah Bumi Pancasila ini, dengan harapan pemilihan dapat berjalan dengan aman, damai, jujur, adil, dan bermartabat,” tambahnya.

Selain itu menolak terhadap provokasi dan berita , dan yang berpotensi memecah belah persaudaraan serta merusak suasana demokrasi.

“Komitmen untuk Kampanye Sportif Forum Kebangsaan mengajak para pemangku kepentingan, pasangan calon (paslon), tim sukses, partai politik, serta elit politik agar bersikap sportif dan menaati aturan kampanye, dengan menghormati satu sama lain serta tidak menjadikan isu SARA sebagai bahan kampanye negatif,”lanjutnya.

Jaga Persaudaraan di Tengah Perbedaan berharap agar pemilu dijadikan sebagai ajang demokrasi yang menghormati perbedaan pilihan, namun tetap mengedepankan persatuan dan persaudaraan.

“Deklarasi ini menjadi langkah penting dalam menciptakan suasana damai dan tertib selama proses Pilkada serentak di Kalimantan Tengah. Forum Kebangsaan berharap seluruh masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam menjaga keamanan dan kelancaran pesta demokrasi tahun 2024,” tuturnya.

Sementara itu Ketua KPU Kalimantan Tengah Sastriadi saat ditemui usai menerima komitmen dan dukungan dari forum ormas kebangsaan, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dari Forum Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Kebangsaan.

“Kami merasa terhormat dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dari berbagai elemen masyarakat, termasuk Forum Kebangsaan, yang telah berkomitmen untuk bersama-sama menyukseskan Pilkada ke depan. Dukungan ini sangat berarti bagi kami dalam menjalankan tugas kami dengan baik,” ungkapnya. (udi)