Pemprov Kalteng Dorong Program Kesejahteraan untuk Penyandang Disabilitas

Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalteng, Eddy Karusman, saat mewakili Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran, menyampaikan sambutannya pada kegiatan Advokasi Unit Layanan Disabilitas (ULD) Bidang Ketenagakerjaan dan Pendidikan se-Kalteng. (Foto: MMC Kalteng)

, – Kepala Dinas (Dinsos) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Eddy Karusman, menyatakan bahwa saat ini menjalankan program kesejahteraan sosial yang fokus pada penyandang .

Program ini diharapkan mampu meningkatkan perlindungan dan pemenuhan hak-hak mereka.

“Dengan program ini, kita berharap penyandang disabilitas bisa berkarya dan berprestasi dengan penuh semangat dan percaya diri. Mereka juga diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat, daerah, bahkan bagi bangsa melalui kelebihan yang mereka miliki,” ujar Eddy.

Hal tersebut disampaikannya saat membacakan sambutan Kalteng dalam acara Advokasi Unit Layanan Disabilitas (ULD) Bidang dan Pendidikan se-Kalteng, Rabu (25/9/2024), di Aula Eka Hapakat, Kantor Gubernur Kalteng.

Acara tersebut diinisiasi oleh Komisi Nasional Disabilitas Republik Indonesia dan bertujuan memberikan akses serta layanan inklusif bagi penyandang disabilitas. Ini sejalan dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, yang menekankan pentingnya perlindungan, keamanan, dan pemenuhan hak mereka.

Eddy Karusman juga menegaskan pentingnya sinergi antara semua pihak untuk mempercepat pembentukan unit layanan disabilitas di berbagai sektor, seperti ketenagakerjaan dan pendidikan.

“Melalui kegiatan ini, kita berharap dapat mempercepat pembentukan unit-unit layanan disabilitas. Keberadaan unit ini sangat penting untuk meningkatkan pelayanan bagi penyandang disabilitas,” tuturnya.

Acara ini menjadi bagian dari upaya Kalteng untuk menciptakan lingkungan yang lebih ramah dan inklusif bagi penyandang disabilitas di wilayah tersebut. (asp)