Sirajul Rahman Imbau Masyarakat Jaga Pilkada Kalteng Tetap Damai

Legislator DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Sirajul Rahman. (ist)

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA – Legislator Kalimantan Tengah (Kalteng), Sirajul Rahman, mengajak seluruh masyarakat dan peserta Pemilihan Kepala Daerah () untuk menjaga suasana tetap damai dan kondusif selama proses pemilihan berlangsung.

Menurutnya, hal ini penting demi terciptanya demokrasi yang berkualitas di Kalimantan Tengah.

“Pilkada harus berjalan tertib, aman, dan damai. Ini tanggung jawab kita semua, baik para calon, pendukung, maupun masyarakat luas. Pilkada damai adalah syarat penting untuk menjaga stabilitas dan persatuan di Kalimantan Tengah,” kata Sirajul Rahman, Selasa (1/10/2024).

Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera () Kalteng ini menegaskan pentingnya sikap saling menghormati antara para calon dan pendukung, serta menghindari tindakan yang bisa memicu konflik atau memecah belah masyarakat.

Selain itu, Sirajul juga mengingatkan masyarakat untuk tidak mudah terpengaruh oleh informasi atau , terutama di media .

“Perbedaan pilihan tidak boleh memecah kita. Justru, perbedaan itu harus kita hargai sebagai bagian dari kekayaan demokrasi. Hindari berita bohong dan ujaran kebencian yang hanya memperburuk situasi,” ujarnya.

Ia juga mendorong semua pihak untuk mematuhi aturan yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum () dalam penyelenggaraan Pilkada.

Sirajul berharap Pilkada di Kalimantan Tengah bisa menjadi contoh proses demokrasi yang sehat dan berintegritas.

“Kita harus menghormati aturan dan menjunjung tinggi etika . Ini akan menunjukkan kualitas demokrasi di Kalimantan Tengah. Jika semua pihak komit menjaga hal ini, saya yakin Pilkada akan berjalan lancar dan menghasilkan pemimpin yang amanah,” pungkasnya. (asp)