Gubernur Kalteng Lepas Kontingen Atlet Disabilitas ke Pekan Paralimpik Nasional di Solo

BALANGANEWS, – Gubernur Kalimantan Tengah (), H. Sugianto Sabran, secara simbolis melepas Kontingen Atlet Kalteng yang akan bertanding di Pekan Paralimpik (Peparnas) ke-17 di Kota Solo, Jawa Tengah, Senin (30/9/2024).

Dalam sambutannya, memberikan apresiasi kepada para atlet disabilitas yang akan bertanding. Menurutnya, mereka tidak hanya mengandalkan kemampuan , tetapi juga semangat dan tekad yang luar biasa.

“Kalian adalah teladan bagi kita semua. Keterbatasan fisik bukanlah penghalang untuk meraih impian dan mencapai prestasi,” ujarnya.

Gubernur juga menekankan pentingnya persiapan yang telah dilakukan oleh para atlet selama Pelatda sejak 16 September lalu. Menurutnya, persiapan ini menjadi kunci kesuksesan di ajang nasional tersebut.

“Saya berharap kalian memahami bahwa kompetisi ini bukan hanya sekadar pertandingan. Ini adalah kesempatan untuk menunjukkan kemampuan terbaik, membuktikan bahwa keterbatasan tidak menghalangi siapa pun untuk sukses,” tambahnya.

Sugianto juga berpesan agar para atlet tetap menjaga semangat dan motivasi, serta tidak terlalu fokus pada hasil akhir.

“Prestasi tidak selalu diukur dengan medali. Setiap usaha dan kemajuan adalah sebuah kemenangan. Apapun hasil yang kalian raih nanti, yakinlah bahwa pencapaian itu sendiri adalah sebuah prestasi,” pungkasnya.

Ketua National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kalteng, Deasy Olivia Christy, menyampaikan bahwa Kontingen Kalteng akan mengikuti tujuh cabang olahraga di Peparnas kali ini.

Cabang olahraga tersebut adalah (7 atlet), Renang (7 atlet), Bulu Tangkis (6 atlet), (8 atlet), Atletik (3 atlet), Catur (6 atlet), dan Boccia (1 atlet). “Kontingen juga didampingi oleh 16 pelatih, 18 ofisial, dan 7 peninjau,” sambungnya. (asp)