Meningkatnya Tensi Politik Kalteng, Ketua Pemenangan Agustiar-Edy Imbau Tim dan Masyarakat Jaga Persatuan

Ketua Tim Pemenangan Agustiar Sabran dan Edy Pratowo, Ahmadi Riansyah

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA – Ketua Tim Pemenangan calon dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, dan , Ahmadi Riansyah, mengimbau seluruh elemen tim pemenangan, relawan, simpatisan, serta masyarakat untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan.

Hal ini disampaikan di tengah meningkatnya tensi menjelang Pemilihan Gubernur Kalteng. Menurut Ahmadi, stabilitas sangat dibutuhkan agar proses demokrasi dapat berjalan dengan aman dan damai.

“Kita semua punya tanggung jawab menjaga kondusivitas di daerah ini. Jangan sampai perbedaan pandangan politik memecah belah persaudaraan. Saya meminta kepada seluruh tim pemenangan dan masyarakat untuk bersama-sama menjaga persatuan,” ujarnya, Sabtu (5/10/2024).

Ahmadi Riansyah, yang biasa disapa Ahmadi, juga menekankan pentingnya menjaga etika selama masa kampanye.

Ia mengingatkan agar tim kampanye tetap mengedepankan sopan santun dan menjauhi penggunaan isu-isu yang dapat memecah belah masyarakat, terutama terkait suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA).

“Kampanye harus dilakukan dengan etika yang baik, penuh kesantunan. Tidak ada ruang bagi politik identitas atau isu SARA dalam kontestasi ini. Kami sepakat untuk berkampanye secara bermartabat dan damai,” tegas Ahmadi.

Ia juga mengajak para pendukung Agustiar Sabran dan Edy Pratowo untuk fokus pada gagasan dan program-program pembangunan yang bisa membawa perubahan positif bagi Kalteng, daripada terjebak dalam perdebatan tidak produktif.

“Saya mengajak semua tim, relawan, dan simpatisan pasangan -H. Edy Pratowo untuk berkampanye dengan bijak, mengedepankan gagasan, bukan memainkan isu SARA atau politik identitas,” tambahnya.

Lebih lanjut, Ahmadi mengingatkan bahwa menjaga persatuan adalah tanggung jawab bersama, sesuai dengan sila ketiga Pancasila, yakni Persatuan Indonesia. Ia menekankan bahwa persatuan menjadi kunci dalam menjaga keberlangsungan pembangunan di Kalteng.

“Mari kita bersama menjaga persatuan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Berpolitiklah dengan santun, riang gembira, dan menangkan hati rakyat dengan cara yang pro-rakyat,” pesannya.

Ahmadi berharap, seluruh proses kampanye hingga hari pemilihan dapat berlangsung dengan semangat kebersamaan, jauh dari politik pecah belah, dan memberikan dampak positif bagi demokrasi di Kalteng.

“Ini adalah pesta demokrasi. Mari kita rayakan dengan penuh kegembiraan, saling menghargai, dan bersaing secara sehat. Pada akhirnya, semua ini demi kesejahteraan masyarakat Kalteng,” jelasnya.

Ahmadi juga mengingatkan tim kampanye dan relawan pasangan Agustiar-Edy agar tidak terpancing oleh provokasi dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Kita meminta seluruh tim dan relawan serta simpatisan untuk menahan diri. Jangan terprovokasi oleh konten provokatif dari oknum-oknum. Hal ini wajar, karena hasil survei menunjukkan tingkat elektabilitas H. Agustiar Sabran dan H. Edy Pratowo tertinggi dibandingkan kandidat lain. Mari kita fokus menyampaikan program dan gagasan kepada masyarakat,” tandasnya. (asp)