Festival Anak Shaleh ke-XII Kalteng Resmi Dibuka, Ajang Gali Potensi dan Bakat Santri

, – Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia () Kalimantan Tengah menggelar Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) ke-XII tingkat 2024.

Acara yang dipusatkan di Asrama Haji Al-Mabrur Palangka Raya ini dibuka secara resmi oleh Plh Asisten dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kalteng, Maskur, Jumat (11/10/2024).

Dalam sambutannya yang mewakili Kalteng, Maskur menyampaikan harapan agar festival ini dapat menjadi wadah bagi para santri untuk mengembangkan potensi, kreativitas, dan kecerdasan baik intelektual, emosional, maupun spiritual.

“Festival Anak Shaleh ini diharapkan bisa menjadi media untuk membangkitkan potensi santri serta membina mereka dalam kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual. Ini juga menjadi bagian dari pembinaan TK Qur’an, TPQ, dan TQA, serta seleksi untuk mempersiapkan duta FASI ke tingkat ,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa tujuan utama dari FASI adalah menanamkan nilai-nilai Al-Qur’an pada anak-anak sejak dini, sebagai bentuk persiapan generasi berkarakter Islami di tengah tantangan modernisasi dan digitalisasi.

“Saya berharap kegiatan ini tidak hanya sekadar ajang perlombaan, tetapi juga mampu mengembangkan bakat dan kecerdasan spiritual anak-anak, serta menjadikan nilai-nilai Al-Qur’an sebagai panduan hidup mereka,” imbuhnya.

Maskur juga mengingatkan pentingnya peran orang tua dalam membekali anak-anak dengan ilmu agama, akhlak yang baik, dan menjaga mereka dari pergaulan yang tidak sehat.

Selain itu, ia berharap kegiatan ini tidak hanya menghasilkan wakil terbaik Kalteng untuk tingkat nasional, tetapi juga memupuk kesadaran akan pentingnya membentuk generasi yang beriman, berilmu, dan berakhlak mulia.

Ketua Umum DPW , H. Rus’ansyah, dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa pemenang FASI tingkat Kalteng akan mewakili provinsi pada FASI tingkat nasional yang akan diadakan di Bekasi, Jawa Barat, pada 24-27 Oktober 2024.

“Kami berharap festival ini tidak hanya mendidik anak-anak menjadi sholeh dan sholehah, tetapi juga menumbuhkan kecintaan mereka terhadap Al-Qur’an,” tandas H. Rus’ansyah.

FASI tingkat Kalteng tahun ini diikuti oleh 452 peserta, didampingi oleh 315 official. Mereka akan berkompetisi dalam berbagai kategori lomba, termasuk Lomba Tingkat TK Al-Qur’an, Lomba Tingkat TPQ, dan Lomba Tingkat TQA. (asp)