KPU Kalteng Matangkan Persiapan Debat Kandidat Pilkada, Pastikan Digelar Senin

, PALANGKA RAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Tengah () terus mempersiapkan gelaran debat kandidat calon (Paslon) yang dijadwalkan untuk debat pertama pada 14 Oktober 2024.

Anggota Divisi Sosialisasi, Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM, Harmain Ibrohim, menjelaskan bahwa debat akan berlangsung selama 120 menit dan dibagi ke dalam 6 sesi.

“Debat publik antar paslon akan berdurasi 120 menit, terdiri dari 105 menit untuk sesi debat dan 15 menit untuk jeda iklan,” ungkap Harmain, Jumat (11/10/2024).

Pada segmen pertama, acara akan dimulai dengan pembukaan, pembacaan tata tertib, serta penyampaian visi, misi, dan program oleh masing-masing paslon.

Segmen kedua dan ketiga akan berfokus pada pendalaman visi dan program oleh moderator. Sesi tanya jawab dan sanggahan antar paslon akan mengisi segmen keempat dan kelima, sebelum ditutup di segmen terakhir.

Harmain juga menambahkan bahwa debat akan dilaksanakan tiga kali selama tahapan 2024.

Debat pertama akan digelar pada 14 Oktober 2024 dan disiarkan langsung oleh TVRI Kalteng. Debat kedua dijadwalkan pada 6 November 2024 di , sedangkan debat ketiga akan disiarkan kembali di TVRI Kalteng pada 20 November 2024.

“Moderator yang dipilih berasal dari kalangan profesional, yang memiliki integritas, jujur, dan tidak berpihak pada salah satu calon,” jelasnya.

Tata tertib debat juga mengatur bahwa hanya paslon dan moderator yang berhak berbicara, dan paslon dilarang menyerang secara pribadi di luar tema debat. Jika ada istilah asing atau singkatan dalam pertanyaan, paslon yang bertanya wajib memberikan penjelasan.

“Pendukung paslon diperbolehkan hadir di ruangan debat, maksimal 50 orang per paslon,” tambah Harmain.

Debat pertama akan mengangkat tema Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kalimantan Tengah melalui Berkeadilan dan Berkelanjutan. Panelis untuk debat ini antara lain Fitria Husnatarina, Tresia Kristiana, Itsla Yunisva Aviva, Agus Satrya Wibowo, dan Muhammad Jailani, yang semuanya ahli di bidang masing-masing.

“Kami berharap debat ini berjalan lancar dan menjadi ajang untuk memperkenalkan program para paslon kepada masyarakat Kalteng,” pungkas Harmain. (asp)