Anggota DPRD Kota Ajak Warga Tingkatkan Kepedulian Lingkungan, Cegah DBD di Musim Hujan

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Hasan Busyairi

, – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () Kota Palangka Raya, Hasan Busyairi mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap kebersihan di musim penghujan guna mencegah penyebaran penyakit Dengue ().

“Peran aktif masyarakat sangat penting dalam mengurangi risiko berkembangnya nyamuk yang bisa menjadi penyebaran DBD,” ucapnya, Jumat (18/10/2024).

Tentunya ini tugas bersama-sama menjaga lingkungan. Membersihkan genangan air, menguras dan menutup tempat penampungan air secara rutin, serta memastikan tidak ada yang dapat menampung air adalah langkah sederhana namun sangat efektif.

“Lingkungan yang bersih bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga seluruh lapisan masyarakat. Kerja sama ini penting agar kita bisa meminimalisir kasus DBD,” tambahnya.

Puskesmas dan instansi setempat juga diimbau untuk memperkuat kampanye 3M Plus (Menguras, Menutup, dan Mendaur ulang) dan melakukan fogging atau pengasapan di wilayah yang teridentifikasi sebagai daerah rawan.

“Masyarakat diharapkan tetap waspada dan segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan jika mengalami gejala. Dengan langkah proaktif dan gotong royong, diharapkan penyebaran DBD dapat ditekan, sehingga masyarakat dapat melalui musim penghujan dengan aman dan sehat,” ungkapnya.(udi)