Pemprov Kalteng Kirim Tim Reaksi Cepat Bantu Korban Banjir di DAS Barito

, – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah () mengirimkan Tim Reaksi Cepat untuk membantu korban banjir di wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito, terutama di Kabupaten , Barito Utara, dan .

Sebanyak 33 kecamatan di Murung Raya dilaporkan terendam banjir, dengan beberapa wilayah lain juga mengalami dampak serius.

Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi , Katma F. Dirun, menyampaikan bahwa telah berkomitmen untuk memberikan bantuan yang cepat dan tepat kepada masyarakat terdampak.

“Bapak gubernur sudah berkomitmen untuk membantu masyarakat yang membutuhkan terutama dalam penyaluran bantuan untuk korban banjir ini,” ujarnya, Minggu (20/10/2024).

Menindaklanjuti arahan Gubernur, Tim Reaksi Cepat Pemprov Kalteng bergerak ke lokasi dengan membawa berbagai peralatan darurat, termasuk perahu karet, tenda pengungsian, dapur umum, tenda pembatas, dan paket logistik. Tim juga akan melakukan analisa di lapangan untuk menentukan kebutuhan tambahan.

“Kami sudah siapkan 1.000 paket logistik untuk disuplai ke dapur umum dan disalurkan langsung kepada warga yang terdampak,” tambah Katma.

Selain itu, tim akan terus memantau situasi dan menambah personil serta logistik sesuai dengan hasil analisa di lapangan.

Pemprov Kalteng juga mempersiapkan tenaga yang siap diterjunkan untuk membantu warga yang membutuhkan pelayanan medis. Menurut laporan, hampir seluruh wilayah DAS Barito, terutama Murung Raya, saat ini terdampak banjir.

“Pemantauan akan terus kami lakukan untuk memastikan penanganan maksimal,” kata Katma. (asp)