Dukung Kesejahteraan Masyarakat, DPRD Dorong Pengembangan Sektor Unggulan Daerah

Anggota DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) dari Fraksi Partai Demokrat, Jimmy Carter

, – Anggota Kalimantan Tengah () dari Fraksi , Jimmy Carter menekankan pentingnya optimalisasi sektor-sektor berpotensi guna meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) sebagai upaya mendukung pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

“Pemanfaatan sektor potensial, seperti pertanian, pariwisata, dan UMKM, harus menjadi fokus agar PAD meningkat dan pembangunan dapat berjalan maksimal. Ini akan memberikan dampak langsung bagi kesejahteraan masyarakat,” ucapnya, Minggu (20/10/2024).

Sektor pariwisata, misalnya, memiliki peluang besar dengan kekayaan alam dan budaya di Kalimantan Tengah. Pengembangan destinasi yang terintegrasi dengan produk-produk lokal diyakini mampu menarik wisatawan dan mendongkrak ekonomi masyarakat.

“Selain pariwisata, sektor pertanian dan perkebunan juga menjadi andalan. Pemanfaatan komoditas unggulan, seperti , karet, dan hasil pertanian lokal, menurutnya harus lebih difasilitasi agar mampu bersaing di pasar nasional dan ,” tambahnya.

Tentunya dalam hal ini komitmen untuk mendorong regulasi yang akan mempermudah investasi di sektor-sektor tersebut. Selain itu, pemerintah daerah diharapkan lebih gencar menarik investor dan memperluas kerja sama dengan berbagai pihak guna memperkuat perekonomian daerah.

“Optimalisasi PAD bukan hanya soal angka, tetapi juga bagaimana kita memastikan bahwa peningkatan pendapatan tersebut benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, melalui pembangunan yang tepat sasaran dan peningkatan layanan publik,” ungkapnya. (udi)