Tergabung dengan Komisi V DPR RI, Syauqie Siap Perjuangkan Infrastruktur di Kalteng

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA – Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Amanat (PAN) Daerah Pemilihan (Dapil) Kalimantan Tengah (), Muhammad , resmi bergabung dalam struktur Komisi V DPR RI untuk periode 2024-2029.

Pengumuman fraksi ini disampaikan oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani, dalam Rapat Paripurna ke-5 masa persidangan I tahun 2024-2025 yang digelar Selasa (22/10/2024).

Dalam rapat tersebut, susunan alat kelengkapan dewan (AKD) dibacakan, termasuk pembagian tugas komisi. Komisi V, yang fokus pada infrastruktur dan , kembali dipimpin oleh Lasarus dari Fraksi .

Dia didukung oleh empat Wakil Ketua, termasuk Ridwan Bae (Golkar), Andi Iwan Darmawan Aras (), Roberth Rouw (NasDem), dan Syaiful Huda (PKB). Syauqie bergabung bersama anggota lain dari berbagai fraksi, termasuk Bakri dan Boyman Harun dari PAN.

Setelah ditetapkan sebagai anggota Komisi V, Syauqie menegaskan komitmennya untuk berkontribusi lebih besar terhadap pembangunan infrastruktur di Kalimantan Tengah.

“Bergabungnya saya di Komisi V ini merupakan amanah besar, terutama dalam memperjuangkan infrastruktur yang lebih baik di Kalimantan Tengah. Kami akan fokus pada pembangunan jalan, jembatan, dan peningkatan akses transportasi, yang akan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah,” ujar Syauqie, Rabu (23/10/2024).

Syauqie menekankan pentingnya sinergi antara DPR RI dan kementerian terkait agar pembangunan di Kalteng dapat berjalan lancar.

“Dengan dukungan dari mitra kerja seperti Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan, kami berharap dapat mempercepat pembangunan infrastruktur dasar, termasuk jalan antar-kabupaten dan transportasi udara yang lebih baik,” tambahnya.

Ia berharap, masyarakat Kalteng akan merasakan manfaat langsung dari program-program yang diperjuangkan di Komisi V.

“Kami ingin memastikan bahwa pembangunan tidak hanya fokus di kota-kota besar, tetapi juga menjangkau daerah terpencil yang masih membutuhkan akses transportasi dan infrastruktur,” tegasnya.

Komisi V DPR RI memiliki peran penting dalam mendukung pembangunan infrastruktur nasional. Fokus utama komisi ini meliputi pembangunan jalan tol, pengembangan perumahan rakyat, perbaikan sarana transportasi, serta mitigasi melalui kerja sama dengan BMKG dan Basarnas.

Dengan anggota yang berasal dari berbagai daerah, termasuk Kalteng, Komisi V diharapkan mampu memberikan solusi konkret untuk memperbaiki infrastruktur di seluruh Indonesia. Syauqie berkomitmen mengawal program pemerintah agar tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat, terutama di Kalteng.

“Sebagai wakil rakyat, saya optimis bisa memperjuangkan aspirasi masyarakat Kalimantan Tengah dan membawa perubahan yang lebih baik bagi daerah ini,” pungkasnya. (asp)