Disbudpar Kalteng dan UMPR Teken Kerjasama

teken kerjasama

, () Provinsi melakukan perjanjian kerjasama dengan Universitas Palangka Raya () dalam pengembangan bidang kebudayaan dan Kalteng.

Penandatangan kerjasama tersebut dilakukan oleh Kepala Disbudpar Kalteng, Adiah Chandra Sari dan Rektor Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR), Muhammad Yusuf di Aula Disbudpar Kalteng, Rabu (15/2/2023).

Adiah dalam sambutannya mengatakan, bahwa kerjasama ini merupakan bentuk manifestasi dari tugas, pokok, dan fungsi (tupoksi) Disbudpar Kalteng dalam melaksanakan fungsi pelestarian dan pengembangan pada sektor kebudayaan dan pariwisata.

“Kerjasama ini juga bentuk dukungan bagi percepatan visi dan misi Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah yang Maju, Mandiri, dan Adil untuk Kesejahteraan Masyarakat menuju Kalteng semakin Berkah,” ucapnya.

Sambung Adiah, kerjasama budaya, pariwisata, dan ekonomi kreatif ini penting untuk dilakukan karena sektor pariwisata bukan saja bermanfaat sebagai sarana memperkenalkan potensi budaya dan pariwisata Kalteng.

“Tetapi juga, kerjasama ini memberikan multiplier effect yang menciptakan kesejahteraan bagi seluruh lapisan masyarakat Kalteng,” imbuhnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR), Muhammad Yusuf menjelaskan, bahwa UMPR mempersiapkan showroom di Kampus 2 yang mana dapat menjadi wadah informasi tentang budaya dan pariwisata bagi wisatawan serta produk-produk kerajinan khas Kalimantan Tengah.

“UMPR juga punya memiliki mitra UMKM yang turut serta di tiap event kampus serta event kebudayaan yang mengisi kegiatan panggung-panggung budaya di lingkup kampus. Banyak ide yang akan dilanjutkan lagi diskusinya dengan pihak Disbudpar Kalteng,” imbuhnya. (asp)