Wagub Kalteng Bersama Mentan Tinjau Lokasi Food Estate di Dadahup

Wagub Kalteng dampingi Mentan Syahrul Yasin Limpo melaksanakan kunjungan kerja ke Kawasan Food Estate di Kabupaten Kapuas (Foto: MMC Kalteng)
Wagub Kalteng dampingi Mentan Syahrul Yasin Limpo melaksanakan kunjungan kerja ke Kawasan Food Estate di Kabupaten Kapuas (Foto: MMC Kalteng)

, PALANGKA RAYA – Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng, H. Edy Pratowo dampingi Menteri Pertanian () RI, Syahrul Yasin Limpo melaksanakan kunjungan kerja ke Kawasan di Desa Bentuk Jaya A5 Dadahup, Kabupaten , Kamis (16/2/2023).

Pada kunjungan kerja kali ini, Mentan meninjau lokasi pertanaman tahap I seluas 90 hektar dan lokasi pertanaman tahap II seluas 200 hektar. Dalam kesempatan itu, Wagub mengatakan, untuk menyukseskan Program Estate ini harus adanya kolaborasi antara Pemprov Kalteng dengan Pemkab setempat.

“Kita harus ubah mindset kita bahwa lahan yang ada di wilayah Kalimantan Tengah itu tidak sama seperti di Pulau Jawa, Sumatera, ataupun Sulawesi. Tapi kita harus yakin dan pantang mundur dengan sama-sama mengejar agar program ini bisa terwujud dengan baik ke depannya, sesuai harapan masyarakat Kalimantan Tengah dan Indonesia,” ucapnya.

Sementara itu, Mentan RI, Syahrul Yasin Limpo menyampaikan, Food Estate Kalimantan ini jangan dilihat dari apa yang dihasilkan hari ini, tetapi dilihat dari suatu konsep yang menembus masa depan secara .

“Ingat, kita tidak bisa bertumpu hanya di Jawa, Makasar, dan lain-lain, karena lahan yang siap dan tersedia cukup luas ada di Kalimantan, termasuk Kalimantan Tengah,” ucapnya.

Lebih lanjut Mentan menambahkan, Presiden Joko Widodo menyebut Food Estate ini sebagai sentra untuk mendorong sebuah perencanaan-perencanaan ketahanan pangan Indonesia ke depannya.

“Tantangan kita ada di orang (SDM), , dan juga tantangan teknis lainnya. Kita berharap semua pihak akan bisa melihat kondisi Food Estate yang tidak langsung instan. Food Estate bukan hanya panen jagung, tetapi diharapkan ke depannya kita bisa mengembangkan yang ada seperti bebek, ayam, dan lain-lain,” pungkasnya. (asp)