Sekda Kalteng Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2023

rakor
Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng saat mengikuti rakor pengendalian inflasi daerah bersama Mendagri secara virtual (Foto: MMC Kalteng)

BALANGANEWS, – Dalam rangka membahas langkah konkret tentang pengendalian di daerah, Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng, H. Nuryakin mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2023 bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) secara virtual, Senin (20/2/2023).

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian dalam arahannya menyampaikan, bahwa dari hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS), angka Inflasi di Bulan Januari 2023 turun di angka 5,28 persen. Hal ini menjadi hal yang sangat signifikan bila dibandingkan dengan yang terjadi di bulan Desember 2022 lalu, yaitu sebesar 5,51 persen.

Selain itu, Presiden melalui Mendagri, Tito Karnavian juga menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi terhadap tren sangat baik ini yang terjadi karena kerja sama antara Pusat dan Tim Daerah.

Lebih lanjut, Mendagri mengatakan bahwa, Presiden menugaskan kepada Tim Pengendalian Inflasi untuk menggunakan sistem seperti saat pandemi -19 yang dilakukan setiap minggu.

Terkait harga-harga kebutuhan pokok yang ada di pasar, harga terpantau relatif stabil dan terkendali di mana yang menjadi atensi utama adalah harga beras dan dengan harga relatif terkendali. Demikian berdasarkan hasil survei harga kebutuhan pokok di Jawa Timur dan Aceh yang dilakukan oleh Presiden.

Melalui Mendagri, Presiden Joko Widodo juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada kepala daerah atas kerja keras dan kerja sama Tim Pengendalian Inflasi di daerah yang terus-menerus konsisten melaksanakan Rakor setiap minggu dalam rangka evaluasi oleh Kemendagri.

Selain itu, Satgas Pengendalian Inflasi yang dipimpin Dirjen Kemendagri memiliki tim yang selalu mengecek daerah mana yang melakukan operasi pasar, monitoring, , dan survei setiap bulan sebagaimana yang dilakukan BPS di seluruh kabupaten/kota untuk memonitor tren kenaikan harga (angka proxy inflasi).

Turut menghadiri Rakor tersebut, Staf Ahli Gubernur Yuas Elko, Deputi Kepala Perwakilan Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, dan Manajemen Intern Perwakilan Kalteng Magfur, Pranata Statistik Ahli Madya Akhmad Tantowi, serta perwakilan OPD terkait. (asp)