Pemko Diminta Manfaatkan Lahan Basah Sejahterakan Masyarakat

8c8bfac5 30d4 4d27 9870 56859710bfa4
Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Heri Purwanto

, – Tanggal 2 Februari 2023 diperingati sebagai Hari Lahan Basah Sedunia. Anggota Komisi B Kota Palangka Raya, Heri Purwanto meminta Pemerintah Kota atau Pemko mengubah pola pikir terkait keberadaan lahan basah.

“Peringatan Hari Lahan Basah Sedunia dibuat untuk menyadarkan dan mengakui adanya respons terhadap pentingnya lahan basah bagi dunia dan keragaman kehidupan yang lainnya,” kata Heri.

Dilansir dari laman resmi Lahan Basah Indonesia, pengertian lahan basah merupakan daerah-daerah rawa, payau, lahan , dan perairan alami atau buatan, tetap atau sementara, dengan air yang tergenang atau mengalir, tawar, payau atau asin.

“Lahan basah juga berfungsi sebagai sumber dan pemurnian air. Adanya lahan basah membuat status pantai menjadi aman dan membuat pemenuhan karbon tercukupi,” tutur Heri lagi.

Perlu diketahui bahwa lahan basah bisa mencegah erosi tanah dan mencegah datangnya .

“Jadi, lahan basah bukan hanya untuk menjaga kekayaan hayati, hewan dan tumbuhan semata. Manusia sebagai salah satu penyebab hilangnya lahan basah karena eksploitasi berlebihan harus bisa mengubah pola pikir untuk memanfaatkan lahan basah,” tegasnya. (oje)