Dewan: Penerapan SPBE Harus Berdampak Pada Pelayanan Publik

WhatsApp Image 2023 03 13 at 11.13.45 AM
Anggota DPRD Palangka Raya, Vina Panduwinata

, – Anggota Palangka Raya, Vina Panduwinata mengharapkan penerapan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) berdampak langsung kepada masyarakat melalui pelayanan publik yang diberikan pemerintah daerah.

“SPBE tidak sekadar untuk mengukur tingkat kematangan penerapan SPBE pada instansi pemerintah yang direpresentasikan dalam bentuk nilai indeks SPBE. Lebih dari itu, penerapan SPBE harus memiliki dampak bagi masyarakat pada sektor pelayanan publik,” katanya, Senin, (13/3/2023).

Politisi itu menekankan agar pemerintah setempat bukan berlomba mengejar indeks SPBE supaya tinggi, tetapi bagaimana kemanfaatan inovasi-inovasi dalam reformasi digital untuk menyelenggarakan SPBE kepada masyarakat.

Hal tersebut sejalan dengan tujuan dari SPBE, yakni mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. Kemudian mewujudkan tata kelola yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel, serta meningkatkan keterpaduan dan efisiensi.

Sebelumnya Pemko melakukan evaluasi SPBE yang merupakan upaya melakukan percepatan birokrasi dengan basis elektronik. Upaya ini dilakukan untuk menyederhanakan berbagai macam layanan bagi masyarakat dengan memanfaatkan informasi.

Adanya evaluasi SPBE dapat meningkatkan layanan pemerintah kepada seluruh stakeholder maupun kepada masyarakat secara keseluruhan.

Diharapkan dengan adanya berbagai macam sistem yang terintegrasi dapat melakukan pemanfaatan data dalam mempercepat pengambilan keputusan pemerintahan yang dilakukan secara akurat sebagai bagian dari transformasi digital. (oje)