Pemprov Lakukan Pelatihan Aplikasi Sistem Pengelolaan Aset Desa

WhatsApp Image 2023 03 13 at 1.13.25 PM
Penyerahan secara simbolis alat-alat kelengkapan pelatihan aplikasi sistem pengelolaan aset desa oleh Asisten Pemkesra Katma F. Dirun

, – Pemerintah Provinsi () Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) setempat melaksanakan kegiatan pelatihan Sistem Pengelolaan Aset Desa (SIPADES Versi 2.0) di Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya, Senin (13/3/2023).

Kepala Dinas PMD Provinsi Kalteng Aryawan di dalam sambutannya mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan pelatihan Aplikasi SIPADES ini untuk memberikan keseragaman dalam penatausahaan aset desa agar terwujud tertib administrasi pengelolaan aset desa, dengan cara penggolongan dan kodefikasi aset desa.

“Selain itu, kegiatan pelatihan tersebut sebagai acuan dalam pengelolaan aset desa di Desa sehingga lebih berdaya guna dan berhasil guna, seragam dan terpadu, serta untuk meningkatkan kapasitas para Operator Sipades di Desa yang telah ditunjuk menangani aset desa,” sambungnya.

Aryawan berharap, nantinya ada kesamaan persepsi terhadap Kebijakan Pemerintah Pusat melalui Peraturan Menteri yang mengatur tentang desa.

“Sinergitas Pembinaan oleh Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten sebagaimana yang diamanatkan dalam peraturan Menteri dimaksud serta meningkatnya kapasitas para Operator Sipades di Desa dalam rangka Pengelolaan Aset Desa dengan SIPADES versi 2.0,” imbuhnya.

Sementara itu, Kalteng melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Katma F. Dirun menyampaikan apresiasi kepada perangkat desa khususnya operator SIPADES dan juga kepada Dinas PMD Provinsi Kalteng yang telah menggelar pelatihan tersebut.

Katma membeberkan, aplikasi sistem Pengelolaan Aset Desa tersebut merupakan aplikasi yang baru, maka Kalteng mulai tahun 2021 lalu secara bertahap terus berusaha mengadakan pelatihan bagi para Administrator SIPADES di Kabupaten dan Operator SIPADES di Desa.

“Kita harapkan kegiatan ini (pelatihan operator SIPADES) terus dapat kita programkan di tahun-tahun yang akan datang sampai semua Operator SIPADES di Kalimantan Tengah ini terbekali kemampuan untuk mengoperasikan aplikasi ini,” harapnya.

Diketahui bahwa, peserta SIPADES versi 2.0 terdiri dari para Operator SIPADES di Desa yang berjumlah 162 orang yang dibagi dalam 3 (tiga) angkatan yang berlangsung pada 14-16 Maret 2023 dan angkatan III berjumlah 50 orang yang dilaksanakan pada tanggal 16-18 Maret 2023. (asp)