Kunjungan Kerja, Komisi I DPRD Kalteng Datangi KPU Barsel

WhatsApp Image 2023 03 13 at 1.13.24 PM (1)
Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Kuwu Senilawati

, – Komisi I yang membidangi , Hukum dan Keuangan melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) beberapa waktu lalu.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalteng Kuwu Senilawati mengatakan, kunjungan kerja tersebut dalam rangka memastikan ketersediaan alokasi Pemilu 2024 di wilayah setempat.

“Kunjungan Kerja dalam daerah ke Kabupaten Barito Selatan ini dilaksanakan selama 4 hari, mulai dari 8 sampai 11 Maret 2023. Adapun tempat yang dikunjungi, yakni dan Bank Kalteng Cabang Pembantu Patas,” ucap Kuwu.

Legislator dari Fraksi DPRD Kalteng ini mengatakan, pemerintah daerah memiliki tanggungjawab besar untuk menyukseskan Pemilu 2024 mendatang, karena ini pertama kalinya pemilihan presiden, pemilihan legislatif dan pemilihan kepala daerah dilaksanakan secara serentak.

Untuk itu, imbuhnya, pemerintah daerah harus bisa benar-benar memastikan berbagai kesiapan, mulai dari kesiapan teknis dan mekanisme penyelenggaraan pemilu, kesiapan dari panitia pelaksana pemilu di setiap daerah, kesiapan pengawasan, keamanan dan pengamanan pemilu, termasuk pula kesiapan anggaran pelaksanaan Pemilu 2024 nanti.

“Khususnya terkait kesiapan anggaran Pemilu 2024, tentunya masing-masing daerah memiliki besaran yang berbeda-beda, sesuai hasil pembahasan dan kesepakatan yang dibuat bersama,” ujarnya.

Seperti halnya anggaran Pemilu 2024 di tingkat provinsi, dimana Pemerintah Provinsi (Pemprov) bersama KPU Provinsi Kalteng telah melakukan pembahasan dan menyepakati untuk menganggarkan dana Pemilu 2024 sebesar Rp180 Miliar.

“Mengingat anggaran dana Pemilu 2024 untuk tingkat Provinsi terbilang sangat besar, maka sebagai tindak lanjutnya kami telah membuat Peraturan Daerah (Perda), dan target itu akan dipenuhi dengan cara bertahap. Sejak 2022 kemarin, Pemerintah Provinsi (Pemprov) bersama KPU sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp80 Miliar, lalu sisanya Rp100 Miliar akan dipenuhi pada 2023 ini,” sebut Kuwu.

Untuk itu, dirinya berharap kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bersama KPU Kabupaten sebaiknya sudah mulai menyicil untuk memenuhi target anggaran Pemilu 2024 yang dibutuhkan.

“Kami berharap KPU bersama pemerintah kabupaten (Pemkab) Barito Selatan sudah mulai menyicil target anggaran untuk Pemilu 2024 mendatang. Diharapkan, di tahun 2024 dananya sudah siap, sehingga tidak sampai menganggu anggaran tahun berjalan,” imbuhnya. (asp)