Gubernur Gratiskan Pasar Penyeimbang di Kelurahan Basirih Kotim

1644

BALANGANEWS, – Rangkaian kunjungan kerja agenda Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) beserta rombongan ke Kabupaten Kotawaringin Timur, diawali ke Pusat Perbelanjaan Mentaya untuk sidak harga dilanjutkan meninjau yang digelar Pemprov Kalteng, Sabtu (15/4/2023).

Total paket sembako yang didistribusikan Pemprov Kalteng pada pasar penyeimbang di Kabupaten Kotawaringin Timur sebanyak 10.000 paket sembako. Masing-masing paket tersebut berisikan beras 5 kilogram, gula 2 kilogram, minyak 2 liter dan susu kaleng 1 buah, dengan nilai per paket Rp150.000,00.

Pasar penyeimbang di Kabupaten Kotawaringin Timur digelar di lima kecamatan yang tersebar di enam titik lokasi diantaranya Kecamatan Baamang di Kantor Camat Baamang sebanyak 2.500 paket sembako, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang di Kantor Kelurahan Ketapang sebanyak 2.500 paket sembako.

Selain itu, di kecamatan Cempaga di Kantor Camat Cempaga sebanyak 1.000 paket sembako, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan di Kantor Kelurahan Basirih Hilir sebanyak 2.000 paket sembako dan Kantor Desa Jaya Karet sebanyak 1.000 paket sembako serta di Kecamatan Teluk Sampit di Kantor Desa Lampuyang sebanyak 1.000 paket sembako.

Pasar penyeimbang yang digelar di Kantor Kelurahan Basirih Hilir tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng H. selaku Ketua Tim Pengendalian Daerah (TPID) Provinsi Kalteng.

Dalam sambutannya, Sekda Nuryakin menyampaikan, kenaikan kerap menjadi isu yang perlu diantisipasi menjelang hari besar keagamaan, salah satunya Bulan Suci Ramadan tahun 1444 H.

“Karena saat kita menghadapi bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri, tentunya Bahan Pokok dan Bahan Penting di samping terbatas dan juga mengalami kenaikan,” ucapnya.

Nuryakin mengutarakan, tentunya hal tersebut menjadi keprihatinan Pemprov Kalteng kepada seluruh masyarakat khususnya di Kotawaringin Timur agar bisa merasakan kehadiran pemerintah dengan menggelar pasar penyeimbang.

Sebagaimana diketahui, Gubernur Kalteng menginisiasi pasar penyeimbang untuk meningkatkan daya beli masyarakat dan menekan laju inflasi daerah, terlebih menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Selain itu, Sekda menyampaikan pesan Gubernur Kalteng agar memberikan paket sembako secara gratis untuk masyarakat di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan.

Pembukaan pasar penyeimbang dihadiri Asisten dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Katma F. Dirun, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Leonard S. Ampung, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Suhaemi serta Kepala Provinsi Kalteng terkait. (MMCKalteng/asp)