Tekan Laju Inflasi Jelang Idul Fitri, Gubernur Sidak Pasar PPM Sampit

16

, PALANGKA RAYA H. Sugianto Sabran didampingi Ketua TP PKK Ivo Sugianto Sabran bersama dengan TPID dan Satgas Pangan Provinsi Kalteng melaksanakan sidak pasar lanjutan di Pasar Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM) Kota Sampit Kabupaten , Sabtu (15/4/2023).

Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran mengatakan, sidak pasar ini bertujuan untuk memantau harga beberapa komoditas sembako seperti beras, gula, dan lain-lain untuk menekan laju angka di Kalteng menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

“Tadi kita cek ada kenaikan harga tapi tidak seberapa, kemungkinan penyebabnya karena sekarang bulan puasa dan sebentar lagi lebaran, sehingga permintaan barang tinggi,” katanya.

Gubernur menegaskan, Kalteng berupaya untuk menekan laju angka inflasi dengan melaksanakan dan pasar murah setiap hari.

“Harapan kita ke depan, mudah-mudahan dengan apa yang sudah dilakukan ini, inflasi di Kalimantan Tengah tetap terkendali dengan baik,” harapnya.

Selain itu, Gubernur mengungkapkan, Pemprov Kalteng telah membangun Rice Milling Unit (RMU) di Desa Lampuyang, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur. RMU tersebut merupakan RMU terbesar yang ada di Kalteng.

“Di Kabupaten Pulang Pisau juga kami bangun RMU supaya Kalimantan Tengah ada merek sendiri, karena padinya juga berada di zona Kalimantan Tengah. Kita harus punya ketahanan pangan sendiri,” tandasnya. (asp)