Pemprov Akan Catat Rekor Muri Tarian Massal Balian Dadas pada FBIM

podcast
Kepala Disbudpar Provinsi Kalteng, Adiah Chandra Sari saat Podcast pada kegiatan Kalteng Expo 2023

BALANGANEWS, – Kepala Dinas dan (Disbudpar) Provinsi Kalteng, Adiah Chandra Sari mengatakan, dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-66 Provinsi Kalteng, Disbudpar Provinsi Kalteng akan menggelar (FBIM) yang dilaksanakan selama lima hari sejak tanggal 22-27 Mei 2023.

“Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana acara pembukaan FBIM dirangkaikan langsung dengan karnaval budaya sejak siang hari, tahun ini pembukaan khusus malam hari dengan menyajikan tarian massal Balian Dadas yang diikuti oleh 700 orang penari dari sanggar dan sekolah-sekolah di Palangka Raya, dan akan tercatat sebagai rekor muri,” ucapnya, Sabtu (20/5/2023).

Selain itu juga, kata Adiah akan ada Festival dan hiburan dari dari artis-artis ibukota dan Palangka Raya itu sendiri. Selama lima hari ke depannya kita akan menyaksikan berbagai perlombaan yang sangat menarik.

Adiah mengungkapkan, pada Festival Kuliner Nusantara, para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah () yang bergerak di bidang kuliner akan menyajikan dan menjual makanan-makanan tidak hanya makanan khas Kalteng saja, namun juga makanan-makanan khas seluruh provinsi yang ada di Indonesia.

“Strategi Disbudpar untuk mempromosikan FBIM ini, kita menggandeng beberapa pihak seperti media dan untuk ikut mempromosikannya. Kami tidak hanya melakukan promosi di Palangka Raya saja tetapi juga di Banjarmasin, sehingga kita berharap masyarakat Banjarmasin yang melihat bisa tertarik untuk datang menyaksikan perhelatan akbar dalam rangka Hari Jadi ke-66 Provinsi Kalteng, yakni FBIM,” bebernya.

Adiah menjelaskan, bahwa tema FBIM 2023 ini adalah The Beauty of Diversity yang berarti kecantikan dalam keberagaman.

“Dengan banyaknya suku dan sub suku di Kalimantan Tengah ini tidak adanya pertentangan, tetapi bisa mempercantik Kalteng. Kecantikan di dalam keberagaman itu menunjukkan bahwa Kalteng sangat membuka diri untuk pihak-pihak luar, khususnya keberagaman dan keindahan alam Kalteng,” pungkasnya. (asp)