DLH Kalteng Lakukan Koordinasi Bahas Masalah Lingkungan Hidup

23 00
Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng, H. Nuryakin saat menyampaikan sambutannya

– Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah ( ) melalui Dinas Hidup (DLH) Provinsi setempat menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Lingkungan Hidup Tahun 2023, di Hotel Aquarius, Palangka Raya, Selasa (30/5/2023).

Dalam sambutannya, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalteng, Joni Harta menyampaikan, bahwa Rakorda Dinas Lingkungan Hidup ini merupakan pertemuan tahunan instansi DLH se- Provinsi Kalimantan Tengah.

“Sesuai dengan tema kegiatan yakni Mewujudkan Pembangunan Berwawasan Lingkungan Kalteng Makin Berkah, diharapkan menjadi suatu forum untuk memajukan pengelolaan lingkungan hidup di Provinsi Kalteng,” ujarnya.

Joni menambahkan, dalam Rakorda juga membahas langkah-langkah penyelesaian masalah lingkungan hidup di Provinsi Kalteng, karena hal ini sejalan dengan meningkatnya investasi di Kalteng dari berbagai sektor, dampak dari pembangunan IKN di Kalimantan.

“Serta yang tak kalah penting adalah membahas tentang Bagi Hasil-Dana Reboisasi (DBH-DR) dan diharapkan pengelolaan DBH-DR semakin menunjang pengelolaan lingkungan hidup semakin baik, sehingga indeks kualitas lingkungan hidup (IKLH) semakin baik dari waktu ke waktu,” tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng, H. menyampaikan, dengan adanya rapat koordinasi ini diharapkan dapat menghasilkan keputusan, untuk meningkatkan pengelolaan dalam rangka menjaga dan melestarikan lingkungan hidup di Provinsi Kalteng.

“Apalagi tantangan lingkungan hidup kedepannya semakin meningkat, seperti gelombang panas yang terjadi selain itu diharapkan kegiatan ini dapat menjadi salah satu upaya untuk menjaga lingkungan hidup di Provinsi Kalteng,” katanya.

Harap Sekda, Provinsi Kalteng dapat berkontribusi dalam pengelolaan lingkungan untuk mengurangi efek gas rumah kaca. Serta yang tidak kalah penting agar dapat melakukan upaya pencegahan terjadinya , mengingat saat ini sudah menjelang musim kemarau.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para stakeholder terkait dapat fokus pada upaya pencegahan Karhutla dan juga dapat memanfaatkan penggunaan DBH-DR untuk sebaik-baiknya pengelolaan lingkungan yang baik,” demikian Sekda. (asp)