Flamboyan Bawah Membara, 44 Rumah Ludes Terbakar

Kebakaran hebat yang terjadi di kawasan Flamboyan Bawah, Kota Palangka Raya, Senin (20/5/2024)

, kembali melanda kawasan padat penduduk di Kota Palangka Raya. Kali ini puluhan rumah di kawasan Flamboyan Bawah, Jalan Ahmad Yani, diamuk si jago merah, Senin (20/5/2024).

Belum diketahui pasti penyebab awal kebakaran, namun puluhan rumah dan puluhan jiwa harus kehilangan tempat tinggal akibat kebakaran tersebut.

Kepala Seksi Pengendali Operasi Komunikasi Penyelamatan , Sucipto, mengatakan, pihaknya menerima informasi sekitar pukul 09.50 WIB.

Ketika datang, api sudah menggulung besar dan membakar sekitar lima hingga enam rumah.

“Rumah yang terbakar ada puluhan, karena memang padat pemukiman dan rata-rata rumah berkonstruksi kayu,” katanya.

Sementara, Plt Kalaksa Kota Palangka Raya, Hendrikus Satriya Budi dari pendataan sementara ada 44 rumah yang terbakar dalam musibah tersebut.

Dimana 44 kepala dengan total 175 jiwa kehilangan tempat tinggal.

“Kawasan yang terbakar tersebar di dua RT, yakni RT 05 dengan 11 KK dan RT 06 dengan 33 KK. Sementara mengungsi di Masjid Al-Muttaqin yang tidak jauh dari lokasi,” ujarnya.

Saya ini, lanjut Hendrik, pihak ha terus berkoordinasi dengan instansi terkait guna melakukan persiapan untuk para pengungsi.

“Kita berupaya secepatnya menyiapkan peralatan tidur, makanan dan obat-obatan. Hal ini juga sudah kita laporkan ke PJ Walikota Palangka Raya,” pungkasnya. (yud)