Korsleting Listrik, SMKN 3 Palangka Raya Nyaris Terbakar

, nyaris terjadi di SMKN 3 Palangka Raya pada Selasa (8/10/2024) pagi. Puluhan siswa dan guru panik usai Laboratorium Laboratorium Teknik Komputer Jaringan (TKJ) yang berada di lantai 2 sekolah dikepung asal putih tebal.

Seluruh siswa kemudian dievakuasi ke lapangan sekolah sambil menunggu pihak damkar dan petugas menindaklanjuti kejadian tersebut.

Kepala Seksi Pengendalian Operasi dan Komunikasi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Diskarmat) Kota Palangka Raya, Sucipto mengatakan, jika saat datang ke lokasi kejadian tidak ada api, namun asap tembak menyelimuti Lab TKJ.

Ketika diperiksa, ternyata asap berasal dari plafon di bagian atas, tempat instalasi jaringan .

“sudah dipastikan akibat kabel tidak mampu menahan beban listrik. Panas akibat beban berlebih melemahkan bungkusan luar kabel dan menyebabkan terbakar dan mengeluarkan asap,” katanya.

Sementara, Loli Amelia, salah satu guru menerangkan jika tidak mengetahui yang terjadi. Peristiwa tersebut baru diketahui setelah mendengar siswa berteriak kebakaran.

“Mendengar itu saya segera mengecek dan mendapati ruangan lab diselimuti asap ” ujarnya.

Menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seluruh siswa dan guru kemudian dikumpulkan ke tengah lapangan untuk dievakuasi.

“Siswa kita pulangkan setelah kejadian tersebut,” tuturnya. (yud)