Supian Hadi Klaim Raih Dukungan dari Empat Parpol untuk Maju Pilgub Kalteng

, PALANGKA RAYA – Bakal Calon Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), atau SHD, semakin mendekati kepastian untuk maju dalam Pemilihan Gubernur () Kalteng 2024.

Mantan Bupati Kotawaringin Timur dua periode ini mengklaim telah berhasil mengantongi dukungan dari empat partai () besar, dan kemungkinan dukungan dari satu partai lagi dalam waktu dekat.

Juru Bicara SHD Center, Junaidi, mengungkapkan bahwa Supian Hadi telah menerima rekomendasi dari () Partai Amanat Nasional (), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

“Dalam waktu dekat ini ada satu lagi parpol yang siap memberikan rekomendasi untuk SHD, nanti akan kita sampaikan setelah rekomendasi itu kita terima,” ujar Junaidi, Rabu (7/8/2024).

Dengan semakin menguatnya dukungan dari sejumlah partai politik, Junaidi optimis bahwa Supian Hadi akan menjadi salah satu calon kuat yang akan maju ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng untuk mendaftarkan diri sebagai Calon Gubernur Kalteng 2024.

Ia juga menambahkan bahwa komunikasi politik di tingkat elit partai terus berjalan, membuka kemungkinan tambahan dukungan dari parpol lain yang akan bergabung dalam koalisi mengusung Supian Hadi.

Dukungan yang diberikan kepada SHD bukanlah tanpa alasan. Junaidi menekankan bahwa elektabilitas Supian Hadi terus menunjukkan tren positif berdasarkan hasil survei dari berbagai lembaga.

“SHD saat ini tengah digadang-gadang untuk bisa memimpin Kalteng di periode yang akan datang, tentu itu semua tidak lepas dari pengalamannya di dunia politik hingga saat menjabat sebagai Bupati Kotim sebelumnya,” kata Junaidi.

Di sisi lain, data pemilih dari Kabupaten Kotawaringin Timur, yang merupakan basis utama SHDq. Lebih dari 70 persen pemilih di Kotim dikabarkan menginginkan Supian Hadi untuk menjadi Gubernur Kalteng, menjadikannya kandidat yang kuat dan potensial untuk Pilgub Kalteng 2024. (asp)