PKS Usung 5 Kandidat Bakal Calon Bupati di Wilayah Kalteng, Ini Namanya

Presiden PKS, Ahmad Syaikhu bersama 5 kandidat bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang diusung DPP PKS pada Pilkada di Kalteng (Foto: Screenshot PKS TV)

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) secara resmi menyerahkan dukungan formulir Model B Persetujuan Partai Politik KWK atau B1-KWK lima calon Bupati dan Wakil Bupati di Kalimantan Tengah (Kalteng).

Penyerahan dukungan terhadap dilakukan bersama dengan 368 bakal calon kepala daerah lainnya, yang maju pada Pilkada Serentak tahun 2024, pada agenda Konsolidasi Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di ICE BSD, Tangerang, Selasa (20/8/2024).

Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Hukum dan Advokasi DPP PKS, Zainudin Paru, menyebut lima kabupaten yang diusung di Pilkada Kabupaten wilayah Kalteng yakni Kabupaten , , , Murung Raya, dan Seruyan.

“Barito Utara Purman Jaya dan Hendro Nakalelo, Kapuas Erlin Hardi dan Alberkat Yadi, Kotawaringin Timur Sanidin dan Siyono, Murung Raya Nuryakin dan Doni, Seruyan Mukhlis dan Aswin,” ujarnya melalui siaran di akun YouTube PKSTV, Selasa (20/8/2024).

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjend) DPP PKS, Aboe Bakar Al-Habsy, mengungkapkan pihaknya telah mengeluarkan sebanyak 31 B1 KWK untuk calon gubernur, 65 untuk calon wali kota, dan 272 untuk calon bupati di berbagai daerah.

“Kami berharap kepercayaan ini dapat dijalankan dengan sebaik mungkin oleh saudara-saudara yang menerima amanah,” ungkapnya.

Diketahui, Purman Jaya merupakan Ketua DPC Kabupaten Barito Utara dan Anggota DPRD Kalteng periode 2019-2024 dan terpilih lagi menjadi Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara yang diusung sebagai Bakal Calon Bupati Barito Utara berpasangan dengan Hendro Nakalelo.

Kemudian, Erlin Hardi merupakan birokrat Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menjabat Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Provinsi Kalteng dan pernah menjabat Pejabat (Pj) berpasangan dengan Alberkat Yadi.

Selanjutnya, Samidin dan Siyono merupakan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur () yang sebelumnya diusung juga oleh Partai Golkar.

Sementara itu, Nuryakin merupakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng yang juga putra daerah Murung Raya diusung menjadi Bakal Calon Bupati Murung Raya, wakilnya Doni merupakan Ketua DPRD Kabupaten Murung Raya yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Murung Raya.

Kemudian, Mukhlis merupakan seorang birokrat yang menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Seruyan yang diusung sebagak Bakal Calon Bupati Seruyan, bersama M. Aswin merupakan Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Seruyan yang juga merupakan kader Nasdem. (asp)