Ketua DPRD Pulpis : Eksekutif-Legislatif Harus Sinergis

DPRD Pulpis
Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo dan Ketua DPRD Pulang Pisau H Ahmad Rifa'i

, – Ketua Kabupaten Pulang Pisau H Ahmad Rifa’i mengatakan, hubungan pemerintah kabupaten dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) harus senantiasa harmonis dan selalu bersinergis untuk satu tujuan yang sama yakni menyejahterakan masyarakat di daerah.

“Kita selalu berupaya untuk menjaga harmonisasi hubungan dengan Pemerintah Daerah melalui kepala daerah, jika ada kebijakan yang menemui kebuntuan, kita lebih mengutamakan komunikasi dalam mencari solusi terbaik sehingga dilahirkan output kebijakan yang benar-benar pro rakyat,” ungkap H Ahmad Rifa’i.

Dia mengatakan, Pemkab dan DPRD merupakan dua sisi mata uang yang saling membutuhkan dalam konteks daerah. Oleh sebab itu penting untuk menyelaraskan presfektif kebijakan dalam menyusun program pembangunan.

Dia juga mengatakan, dan DPRD selalu bersama-sama dalam melakukan pembahasan rancangan peraturan daerah, maupun pendapatan dan belanja daerah. Semuanya dilakukan secepat mungkin dan tidak berlarut-larut.

Namun, kendati demikian, DPRD tetap konsisten menjalankan tugas pokok dan fungsinya salah satunya monitoring sebagai sarana untuk mengontrol kebijakan kepala daerah agar benar-benar terarah dan tepat sasaran, dan mengutamakan kepentingan masyarakat umum.

Oleh sebab Ketua menilai, sinergitas dalam konteks membangun daerah adalah point terpenting mengelola pembangunan daerah dengan tujuan untuk kesejahteraan masyarakat.

Dia juga mengungkapkan mengatakan, sudah semestinya antara pemerintah kabupaten dan DPRD menjalin komunikasi yang harmonis untuk mewujudkan visi dan misi kepala daerah. Sebab hal itu sangat penting agar tercipta suasana kondusif secara politis.

“Hubungan kita harus saling bersinergi dalam mencapai tujuan bersama, yaitu untuk kepentingan masyarakat secara umum,” tuturnya. (nor)