Hari Kartini Simbol Kebangkitan Perempuan

Dwi Erlina
Anggota DPRD dari Fraksi Nasdem Pulang Pisau Dwi Erlina

, – Dua hari lagi, tepatnya Rabu (21/4/2021), bangsa Indonesia akan memperingati yang dilakukan setiap tahun sekali.

RA Kartini merupakan seorang tokoh pahlawan perempuan yang sangat menginspirasi. Dimana, semangat dan kegigihannya dalam memperjuangkan emansipasi dan hak perempuan Indonesia, menjadi sebuah inspirasi yang patut ditiru dan diteruskan, oleh kaum perempuan saat ini.

Menurut anggota Pulang Pisau Dwi Erlina, momentum hari Kartini ini jangan hanya menjadi peringatan bersifat seremonial belaka, namun harus menjadi simbol kebangkitan bagi kaum perempuan di Nusantara.

“Kita harus memaknai momentumHari Kartini ini sebagai simbol kekuatan perempuan untuk bangkit memperjuangkan harkat martabat perempuan agar dapat berkiprah dalam dan ,” kata Dwi Erlina, Senin (19/4/2021).

Dwi Erlina mengaku bersyukur dapat mewakili perempuan duduk di kursi legislatif dengan harapan dapat memperjuangkan aspirasi perempun seperti yang di perjuangan ibu Kartini.

“Saya sebagai perempuan sangat bersyukur hari ini bisa duduk di DPRD, dengan begini kita bisa melanjutkan perjuangan RA Kartini lebih luas lagi,” ungkap Dwi Erlina optimis.

Untuk mewujudkan kesetaraan gender ini, kata srikandi Partai Nasdem Pulang Pisau ini, memang perlu perjuangan . Perempuan harus punya semangat yang tinggi untuk mengasah pribadi dan kemampuan, lebih peka terhadap permasalahan di masyarakat, serta memiliki wawasan dan yang memadai.

Kendati demikian, lanjutnya, meskipun perempuan memiliki hasrat untuk berjuang mengangkat harkat martabatnya, hendaknya perempuan juga tidak melupakan kodratnya sebagai perempuan yakni menjadi istri dari suami dan ibu dari anak-anak jika sudah berkeluarga.

“Tetap semangat memperjuangkan harkat martabat perempuan, tapi tetap berbakti kepada suami dan menjadi ibu yang baik bagi anak-anak kita, sebab kodrat perempuan sudah Allah tetapkan, kita jalani dengan semangat dan sukacita,” tukas Dwi Erlina. (nor)