Dorong Pemda Programkan Pelatihan Kerajinan Anyaman

, KUALA PEMBUANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () Kabupaten mendorong pemerintah daerah setempat agar memberikan program pelatihan kerajinan anyaman untuk warga di daerah pemilihan III.

Anggota Salidin mengungkapkan, wilayah Dapil III yang meliputi Kecamatan Seruyan Tengah, Seruyan Hulu, Batu Ampar dan Suling Tambun memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah salah satunya . Dengan adanya kekayaan alam tersebut menurutnya tidak sedikit dari warga sekitar memanfaatkannya sebagai kerajinan tangan.

“Hanya saja kendalanya saat ini dukungan dari pemerintah daerah dalam daerah sangat kurang, seharusnya pemerintah bisa memberdayakan masyarakat sekitar misalnya memberikan pelatihan menganyam yang baik,tersebut sehingga kerajinan yang dibuat oleh warga itu bisa berkembang,” katanya.

Tentu sangat disayangkan menurutnya jika potensi tersebut tidak dapat dimanfaatkan sebaik mungkin, karena dalam mengayam tidak harus berlatar belakang pendidik yang tinggi. “Ini juga menjadi salah satu alasan saya meminta adanya program pelatihan menganyam ini, masyarakat yang tidak sekolah pun dapat kita berdayakan,” ujar Atinita.

Ditambahkannya, bahwa dirinya berharap agar program yang sifatnya pemberdayaan masyarakat dapat digalakkan oleh pemerintah daerah sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran serta menekan angka kemiskinan di Kabupaten yang berjuluk Bumi Gawi Hatantiring. (Jib)