Desa Sanggu Mewakili Lomba BUMDes Tingkat Provinsi Kalteng

WhatsApp Image 2023 08 12 at 9.48.46 AM

, BUNTOK, Kecamatan Dusun Selatan (Dusel), Kabupaten Barito Selatan () terpilih mewakili mengikuti lomba Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah () tahun 2023.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) sangat mendukung atas terpilihnya Desa Sanggu, Kecamatan Dusel ini sebagai peserta lomba BUMDes tingkat Provinsi Kalteng.

“Pembinaan BUMDes merupakan bagian rencana strategis dalam pemberdayaan masyarakat di tingkat desa dan sebagai wadah penggerak ekonomi desa,” kata Kepala DSPMD, Selviriyatmi melalui Kepala Bidang (Kabid) Penataan dan Kerja Sama Desa DSPMD Barsel Albertus, Sabtu (12/8/2023).

Masih dikatakan Albertus memotivasi pengelola BUMDes berlomba memajukan usaha ekonomi kerakyatan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa masing-masing. Maksudnya, jika desa sudah membentuk BUMDes diharap meningkatkan kualitas pengelolaannya dan yang belum membentuk termotivasi untuk segera membentuk.

Menurutnya, ketika pengelolaan BUMDesnya baik maka akan diikuti kemajuan perekonomian di desa. BUMDes ini merupakan wadah bagi masyarakat berpartisipasi menggerakan ekonomi di desa.

“Semoga dalam ajang lomba BUMDes se-Kalteng dari 13 Kabupaten, Desa Sanggu Kabupaten Barsel bisa mempromosikan ke tingkat hasil dari BUMDes yakni tanaman asli dari Desa Sanggu,” ucap Kabid Penataan dan Kerja Sama Desa.

Tim penilai dari PMD Kalteng langsung meninjau lokasi ke kantor BUMDes untuk melihat langsung unit usahanya seperti gas elpiji, pasar desa dan tanaman anggrek hitam serta diajak meninjau dan menikmati susur sungai sepanjang danau melawen di Desa Sanggu. (lam)