Cegah ISPA, Dinkes Barsel Bagikan Masker

Whatsapp Image 2023 10 15 At 4.39.29 Am

, BUNTOK – Dalam upaya mengantisipasi terjadinya gangguan Saluran Pernafasan Atas (ISPA) akibat kabut asap yang semakin , Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten () membagikan ratusan masker.

“Masker kita bagikan ke setiap sekolah-sekolah, Instansi dan masyarakat umum,” kata Kepala Dinkes Barsel, dr. Daryomo Sukiastono, Sabtu (14/10/2023).

Dia menyampaikan, selain pembagian masker Dinkes juga memberikan edukasi kepada masyarakat setempat tentang pentingnya menjaga kesehatan.

Dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), seperti perbanyak minum serta lebih sering meningkatkan daya tahan tubuh, terutama dalam penggunaan masker di saat timbulnya kabut asap.

“Saat kondisi seperti ini kalau bisa kita mengurangi aktivitas di luar ruangan terutama untuk kelompok rentan (, balita, dan Lansia),” ucapnya.

Ia menuturkan, saat ini kualitas udara di Kalimantan Tengah khususnya di Kabupaten Barsel dalam kondisi tidak sehat dan ini berpengaruh pada kesehatan masyarakat terlebih masyarakat yang memiliki potensi terjadinya ISPA.

“Untuk itu, kita mengimbau kepada masyarakat kalau beraktivitas di luar ruangan atau di tengah kabut asap agar selalu memakai masker, karena bagaimanapun juga pemakaian masker bisa mengurangi kemungkinan terjadinya ISPA,” pungkasnya. (lam)