Pemkab Barsel Inginkan Bahasa Daerah Tetap Dilestarikan

Whatsapp Image 2023 11 23 At 5.23.59 Pm
Penjabat Bupati Barsel, Deddy Winarwan

BALANGANEWS, BUNTOK – Melalui ajang Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) 2023 atau festival , Pemerintah Kabupaten (Pemkab) (), menginginkan bahasa daerah setempat tetap terus dilestarikan.

Penjabat Bupati Barsel, Deddy Winarwan mengatakan, bahwa bangsa Indonesia memiliki berbagai suku dengan bahasa yang berbeda-beda, tapi dengan keanekaragaman bahasa.

“Bahwa negara Indonesia kaya akan yang dimiliki di setiap daerahnya, dan tentunya tidak dimiliki oleh negara lain,” katanya, Kamis (23/11/2023).

Dikatakan Deddy Winarwan maka dari itu, kami dari pemerintah daerah sangat mengapresiasi dan mendukung digelarnya acara lomba Tunas Bahasa Ibu.

“Jika bahasa daerah tersebut tidak dijaga dan dipelihara, maka warisan budaya yang telah ditinggalkan oleh para leluhur terdahulu akan hilang atau musnah,” ucap .

Dijelaskan bahasa daerah merupakan jembatan bagaimana budaya-budaya suatu daerah dapat tersampaikan keluar.

“Karena dalam bahasa daerah terdapat kearifan-kearifan lokal yang bermanfaat bagi generasi muda sebagai penerus bangsa ini, baik pelajar SD, SMP maupun SMA,” jelasnya.

Ditambahkan, pembinaan bahasa daerah sendiri di Kabupaten Barsel juga tengah gencar dilakukan oleh Dinas (Disdik) dan Dinas Pemuda, , dan Kebudayaan (Disporaparbud), dengan melibatkan penggiat budaya, pelajar dan masyarakat umum lainnya.

“Sehingga, dengan adanya kegiatan lomba Tunas Bahasa Ibu dapat melestarikan sekaligus mengenalkan kepada anak-anak kita terutama para pelajar SD dan SMP agar tetap memelihara serta melestarikan bahasa daerah kita,” pungkasnya. (lam)