Sebagian Logistik Pemilu Terkena Dampak Luapan Air

Whatsapp Image 2024 01 12 At 10.41.56 Pm

, BUNTOK– Hujan dengan intensitas cukup tinggi terjadi di Kabupaten Barito Selatan () dalam beberapa hari terakhir ini. Bahkan derasnya hujan juga turut berdampak pada beberapa fasilitas yang ada di Kota Buntok, salah satunya luapan air masuk ke gudang logistik KPU Kabupaten Barsel, di Jalan Melati.

Akibat luapan air hujan itu menggenangi hampir seluruh bangunan yang ada, hingga masuk ke gudang logistik Pemilu membuat beberapa logistik basah.

Hingga Jumat 12 Januari 2024 ketinggian air di depan KPU masih terjadi. Sehingga membuat arus terganggu karena kendaraan tidak bisa melintas karena ketinggian air hingga trotoar di pinggir jalan

Bahkan Pj Bupati Barsel, Deddy Winarwan bersama kepada OPD didampingi Ketua KPU, Roslina dan pihak Banwaslu Barsel Su’aib turun langsung melihat kondisi dampak tersebut untuk melihat kondisi kantor KPU yang masih digenangi luapan akibat hujan deras.

Pj Bupati Barsel, Deddy Winarwan beserta Kepala OPD bergegas pun masih terus melakukan pemantauan, Jumat 12 Januari 2024.

“Saya bersama Sekda masih tetap meminta Damkar dan BPBD untuk membantu menyedot genangan air sekaligus membantu rekan-rekan KPU untuk menyelamatkan beberapa logistik supaya tidak terkena air. Memang ini tidak kita kehendaki karena ini bencana alam,” ungkapnya.

Dia mengatakan, bahwa pada prinsipnya Pemda Barsel akan senantiasa siap mendukung tugas-tugas dari penyelenggara Pemilu, yaitu KPU.

Berkaitan dengan musibah ini, kata dia, Pemkab bersama seluruh yang terlibat, baik dari KPU dan lainnya akan melaksanakan rapat Plus untuk membahas bersama terkait dengan musibah yang sudah terjadi untuk mencari jalan keluarnya bersama – sama.

“Kami akan rapatkan bersama, nanti akan dibahas dampak musibah itu, apabila ada kerusakan baik surat suara dan lainnya nanti kita dengarkan bersama-sama jumlahnya berapa banyak yang rusak, sekaligus mekanisme penyelamatan logistik merujuk pada UU Pemilu hingga UU KPU. Kami dari Pemda siap mendukung dan membantu, tidak bisa kita prediksi hal seperti ini, musibah bencana alam,” terangnya panjang lebar.

Sementara itu, Ketua KPU Barsel, Roslina mengatakan, kondisi terkini Kantor tempatnya bekerja terdampak dari luapan hujan yang melanda Kota Buntok.

Luapan air, kata dia, masuk hingga ke Aula setinggi 10 sentimeter, di dalam aula tersebut terdapat tumpukan logistik keperluan Pemilu tahun 2024.

“Ini karena keadaan cuaca, memang luapan air menggenangi hampir seluruh gedung, hingga masuk ke dalam Aula utama dimana disitu tempat penyimpanan seluruh logistik untuk keperluan Pemilu,” kata dia.

Dikatakan, memang Ada beberapa yang terkena luapan air, untuk berapa jumlah yang rusak dan lain sebagainya belum bisa dipastikan.

“Pastinya nanti mau kami rapatkan bersama Pemkab masalah ini,” ucap Ketua KPU.

Di sisi lain, Anggota , Su’aib mengatakan, dampak luapan air memang memasuki aula, terkait ada atau tidaknya logistik Pemilu yang rusak terkena air, secepatnya akan dirapatkan bersama baik dari Pemda, KPU dan lainnya.

Pihaknya, kata Su’aib, masih menunggu hasil pengecekan oleh rekan KPU apakah ada logistik yang rusak seperti surat suara dan semuanya.

“Terpenting kita harus mengetahui berapa jumlah logistik yang rusak akibat terkena air,” tegasnya. (lam)