UPT BLK Buntok Persiapkan Program Pelatihan Tahap I Tahun 2024

Imelda Teresia

BALANGANEWS, – Dinas Tenaga Kerja dan (Disnakertrans) melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang berlokasi di Kota Buntok, Kabupaten Barito Selatan () kembali membuka program pelatihan kerja tahap I tahun 2024 secara gratis dengan 7 kejuruan.

“Salah satu kejuruan yang masih banyak diminati masyarakat, yaitu komputer dengan total peserta yang mendaftar berjumlah lebih 100 orang,” ucap Imelda Teresia, Kepala Disnakertrans Provinsi Kalteng yang mendampingi Kepala Disnakertrans Provinsi Kalteng, Farid Wajdi, Rabu (21/2/2024).

Ia menuturkan, untuk program pelatihan tahap I tahun 2024, UPT BLK Buntok mendapatkan dua paket , yaitu melalui paket Anggaran Pendapatan Asli Daerah (APBD) provinsi Kalteng dan paket Anggaran Pendapatan Belanja Negara ().

“Jadi untuk tahap I ini yang akan kita jalankan terlebih dulu adalah paket dari APBN, karena kalau di awal tahun kita sudah menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) atau Petunjuk Operasional Kegiatan (POK), maka kita harus segera melaksanakannya,” ucapnya.

Ia menerangkan, paket pelatihan yang bersumber dari dana APBN tersebut terdiri dari 7 kejuruan yang rencananya akan dimulai pada tanggal 4 Maret 2024 mendatang, sebab, proses perekrutan peserta pelatihan tahap I dimulai sejak bulan Januari lalu dan pendaftarannya juga sudah ditutup.

“Sebanyak 7 kejuruan ini meliputi operator komputer, menjahit, instalasi , las listrik, tata rias kecantikan, dan processing atau pembuatan roti dan kue, serta otomotif seperti servis sepeda motor injeksi,” terangnya.

Ia menyampaikan, program pelatihan tersebut menyesuaikan keberadaan instruktur yang ada di UPT BLK Buntok sendiri, karena semua kejuruan akan diberikan pembelajaran dari dasar sampai benar-benar bisa oleh instruktur yang kompeten.

“Untuk itu para peserta yang mengikuti pelatihan tidak perlu khawatir dalam mengikuti setiap proses pembelajaran kejuruannya masing-masing,” ujarnya.

Ia mengatakan, bagi para peserta pelatihan tahap I kejuruan las listrik, otomotif dan instalasi listrik patut berbahagia, karena, selain baju dan tas semua peserta akan mendapatkan perlengkapan tambahan, yaitu sepatu safety sebagai pendukung serta pelindung para peserta dalam melaksanakan praktek kerja selama mengikuti pelatihan.

Ditambahkan, dengan keberadaan UPT BLK Disnakertrans Provinsi Kalteng di daerah setempat, masyarakat Kabupaten Barsel dan sekitarnya sangat diuntungkan, karena bisa mendapatkan pelatihan yang diinginkan secara gratis serta dapat bantuan uang .

Selain itu, menurutnya, UPT BLK Buntok setiap tahun selalu mendapatkan paket pelatihan, baik melalui APBN maupun APBD Provinsi dan tentunya sangat bermanfaat bagi calon peserta, karena setelah selesai mengikuti pelatihan mereka akan mendapatkan sertifikat sebagai tanda bukti kelulusan, yang berguna untuk mereka gunakan dalam mencari pekerjaan sesuai keahlian yang mereka miliki.

“Karena, BLK dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang berdedikasi, siap mencetak tenaga kerja yang kompeten dan siap terjun serta bersaing dalam bursa dunia kerja,” pungkasnya. (lam)