Jelang Puasa Ramadhan, Harga Sembako di Barsel Alami Kenaikan

, – Sebelum menjalankan Kunjungan Kerja (Kunker) di desa-desa, Penjabat (Pj) Bupati Barito Selatan, Deddy Winarwan bersama seluruh jajaran di lingkup pemerintahan dan kepolisian menggelar sidak di Pasar Subuh dan Pasar Saik, Kota Buntok.

“Guna untuk memantau seluruh harga sembako dan bahan jelang Ramadhan yang cenderung mengalami kenaikan setiap tahun,” kata Pj Bupati Barsel, Dr. Deddy Winarwan, Kamis (7/3/2024).

Masih dikatakan Deddy Winarwan, dari pantauan pada tiga pasar tersebut, ditemukan sebagian bahan pokok mengalami kenaikan dalam kurun waktu seminggu terakhir.

“Sudah menjadi tanggungjawab pemerintah untuk memantau ketersediaan hingga kestabilan harga sembako dikarenakan akan berdampak kepada masyarakat khususnya daya beli masyarakat,” ucap Pj Bupati Barsel.

Menurut dia, memang ada kecenderungan semua harga sembako dan lainnya naik setiap menjelang hari besar keagamaan.

“Dari pantauan kami, seperti minyak curah harganya naik tapi stok kosong, harga beras naik, gula, tepung, bawang, hingga harga ikan juga naik, bahkan seperti harga ayam potong juga sebenarnya naik, namun karena sepinya pembeli membuat para pedagang akhirnya mempertahankan harga seperti semula. Namun untuk harga dan masih terpantau stabil,” tegasnya.

Diungkapkannya, dengan kondisi seperti ini, salah satu upaya yang nanti akan dilakukan Pemerintah Daerah yakni menggelar dalam waktu dekat.

“Dengan tujuan, kata dia, untuk menstabilkan harga-harga kebutuhan pokok masyarakat,” ucapnya.

Lebih lanjut Pj Bupati mengatakan, supaya kegiatan itu terlaksana, nantinya Pemkab akan berkoordinasi dengan dan Bulog untuk melaksanakan operasi pasar untuk menstabilkan harga-harga yang sudah mengalami kecenderungan mengalami kenaikan.

Namun jika tidak dikendalikan secepatnya, kenaikan harga pastinya akan berdampak serius baik bagi masyarakat dan pedagang, salah satunya akan berkurangnya daya beli masyarakat di pasar-pasar yang juga merugikan para penjual dan aktivitas daya beli juga akan turun.

Dengan permasalahan itulah menurutnya peran Pemerintah Daerah untuk sesegera mungkin menekan kenaikan harga dengan operasi pasar murah.

“Kita semua berharap kecenderungan kenaikan harga ini tidak berlarut lama, karena hampir semua pasar yang kita datangi harga harga mengalami kenaikan. Tentunya ini perlu dukungan semua pihak, supaya sama sama menjaga stabilnya perekonomian di Kabupaten Barsel. Ada banyak faktor mempengaruhi kenaikan yaitu kenaikan harga hampir di setiap Distributor,” pungkasnya. (lam)