Pj. Bupati Barsel Hadiri Pasar Murah Pemprov Kalteng di Kantor Kecamatan Dusel

BALANGANEWS, – Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Barito Selatan (Barsel), H. Deddy Winarwan mengatakan, atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Barsel menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Pemerintah Provinsi () Kalimantan Tengah (Kalteng) khususnya Kalteng H. serta Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng H. dalam rangka menyalurkan sembako murah kepada warga Barsel dalam kegiatan pasar, Selasa (19/3/2024) sore bertepatan di kantor kecamatan Dusel.

“Kegiatan ini dilaksanakan diseluruh kecamatan, dan jajaran Pemkab Barsel siap mendukung pelaksanaan ini,” katanya, Rabu (20/3/2024).

Masih dikatakan Deddy Winarwan, masyarakat Barsel sangat terbantu dengan pasar murah ini, terutama di tengah harga sembako yang terus merangkak naik di bulan Ramadhan ini. Semoga kegiatan ini memberikan dampak positif bagi seluruh warga masyarakat di Barsel.

“Semoga dengan adanya pasar murah dari Provinsi Kalimantan Tengah ini, bisa membantu meringankan beban masyarakat,” ucap Pj Bupati Barsel.

Sementara itu mewakili Gubernur Kalteng, Sekda H. Nuryakin usai membuka pasar murah mengatakan bahwa Kabupaten Barsel menjadi Kabupaten ke 3 (tiga) Kabupaten di DAS Barito, yang menjadi tempat pelaksanaan pasar murah yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

“Bahwa program Kalteng Berbagi Berkah ini merupakan program Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam rangka menyambut bulan Ramadan,” katanya.

Ditambahkan, biasanya menjelang hari-hari besar keagamaan seperti Idul Fitri, Idul Adha, dan Tahun Baru harga kebutuhan dasar itu meningkat. Tetapi di sisi lain, sering kita dapati begitu harga itu naik, kemampuan daya beli masyarakat turun, sehingga disinilah yang kita sebut dengan terjadinya inflasi.

“Gubernur Kalteng ingin inflasi segera distabilkan dengan mengadakan pasar murah atau pasar penyeimbang. Sehingga dapat meringankan beban warga dalam memperoleh kebutuhan pokok, untuk itu diselenggarakan pasar murah secara serentak di seluruh wilayah Kalteng,” tambahnya.

telah menyalurkan bantuan sebanyak 1.420 ton beras se-Kalteng, dan penyaluran untuk masyarakat di Barsel sebanyak 50 ton, jumlah paket yg disalurkan untuk Kecamatan Dusun Selatan sebanyak 1000 paket, berupa beras 10 kg dengan kualitas bagus senilai Rp.175.000,- per paket, dan disubsidi oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sebesar Rp.155.000,-, sehingga masyarakat bisa menebus Rp.20.000,- per paket.

“Semoga dengan adanya pasar murah ini, bermanfaat dan dapat membantu meringankan beban masyarakat kita,” ucapnya.

Tampak hadir mengikuti kegiatan ini, Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemprov Kalteng, Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemkab Barsel, Forkopimda Barsel, dan Camat Dusun Selatan. (lam)