304 Ambil Sumpah ASN di Barsel

, – Penjabat (Pj) Bupati mengambil sumpah/janji Pegawai Negeri Sipil () di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan Tahun 2024, bertempat di Gedung Jaro Pirarahan Buntok.

Pengambilan sumpah janji /PNS tahun 2024 ini diikuti sebanyak 304 PNS di lingkungan Pemkab Barito Selatan.

Pj. Bupati Barito Selatan, Dr. H. Deddy Winarwan,dalam sambutannya mengatakan, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Selatan mengucapkan selamat dan sukses kepada para peserta yang telah memenuhi salah satu kewajiban sebagai ASN/PNS dengan mengambil Sumpah/Janji PNS dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Aparatur Sipil Negara Mempunyai tanggung yang tidak kecil, mulai mengikuti pendaftaran dan seleksi , seharusnya sudah memahami konsekuensi menjadi seorang ASN/PNS, ada hak yang didapat dan tentunya kewajiban yang harus di laksanakan,” katanya, Senin (13/5/2024).

Masih dikatakan Deddy Winarwan ASN memiliki kode etik sebagai rambu-rambu dalam bertindak, kode etik sebagai Pedoman sikap, tingkah laku dan perbuatan dalam melaksanakan tugasnya. Pelanggan terhadap kode etik dapat dikenakan sanksi / Hukuman disiplin sesuai kadar pelanggaran yang dia lakukan.

“Perubahan Mekanisme Kerja baru sebagaimana di amanat kan oleh Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 6 Tahun 2022 tentang pengelolaan Kinerja aparatur Sipil Negara serta Peraturan PANRB nomor 7 tahun 2022 tentang sistem kerja pada instansi Pemerintah mengamanatkan bahwa kinerja seseorang ASN/PNS harus mampu mendorong percepatan pencapaian tujuan Organisasi,” ucap Pj Bupati .

Ditambahkan ASN harus bekerja berdasarkan aturan bukan dalam kotak-kotak tertentu pada pencapaian tujuan Organisasi. Sehingga ASN dituntut untuk mampu berkinerja lebih optimal sesuai Kompetensi. Seorang ASN/PNS mampu berpikir kreatif, inovatif dan Responsif dalam menyelesaikan permasalahan yang di hadapi.

“Profesi sebagai PNS merupakan suatu kebanggaan karena salah satu profesi luhur sebagai abdi negara yang dituntut senantiasa mengembangkan kreativitas dan inovasi untuk menghadapi tantangan kerja ke depan guna mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas,” tambahnya.

Maka dari itu diharapkan kepada seluruh ASN/PNS bekerja dan berkarya dengan setulus hati melayani masyarakat dalam membangun Kabupaten Barito Selatan dengan tetap menjunjung tinggi kejujuran, profesionalitas, dan integritas. (lam)