Pemkab Barsel Promosikan Batik Malawen di Kalteng Expo 2024

BALANGANEWS, – Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten (), H. Deddy Winarwan mengungkapkan ada banyak produk lokal yang berasal UMKM di Barsel yang kita bawa untuk kita promosikan pada Expo kali ini, diantaranya produk UKM, kerajinan anyaman dari bahan enceng , Nenas Parigi.

Di hadapan Wakil Kalteng H. dan jajaran saat mengunjungi stand Barsel, Pj Bupati Barsel Deddy Winarwan promosikan batik piring melawen khas Barsel. Dirinya menjelaskan bahwa batik ini bermotif piring malawen dengan motif pendukungnya anggrek hitam serta air digagas oleh Ketua TP Hj.Erna Ardiani Palupi yang diinspirasi dari budaya dan potensi sumber daya alam yang ada di daerah Barsel.

“Batik motif Piring Malawen ini sudah tercatat di Direktorat jenderal (Dirjen) Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia, dengan harapan batik motif khas Barsel ini bisa menjadi kebanggaan bagi daerah,” katanya, Senin (13/5/2024).

Ditambahkan batik motif khas Barsel ini sudah dikembangkan oleh pengrajin yang ada di daerah ini, sehingga bisa dikenal masyarakat luas.

“Dalam Kalteng Ekspo kali ini merupakan peluang besar bagi Pengrajin, Enterpreneur dan Pelaku UMKM di Barsel. sehingga bisa menjadi pintu gerbang penggerak ekonomi masyarakat, dan dikenal luas oleh masyarakat,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut Pj. Bupati Barsel H. Deddy Winarwan didampingi Ketua TP PKK Kab. Barsel menyerahkan cindera mata kepada Wagub Kalteng dan jajaran berupa Kain Batik Malawen. (lam)