Tujuh Program Guru Penggerak

, BUNTOK – Dinas Kabupaten Barito Selatan (Barsel) bekerjasama dengan Balai Guru Penggerak Provinsi Kalimantan Tengah () menggelar Lokakarya 7 Program Guru Penggerak Angkatan 9 di Gedung Pertemuan Umum Jaro Pirarahan Buntok.

Guru Penggerak merupakan episode kelima dari rangkaian Kebijakan Merdeka Belajar yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (), untuk merealisasikan program tersebut Kemendikbudristek melalui Balai Guru Penggerak (BGP) Kalteng.

Lokakarya 7 angkatan 9 menghadirkan berbagai karya inspiratif, mulai dari modul ajar yang kreatif dan inovatif, hingga program pengembangan kepemimpinan murid yang efektif. Calon Guru Penggerak () Pendidikan Guru Penggerak (PGP) juga menunjukkan bagaimana mereka mampu menggerakkan komunitas belajar di sekolah dan di wilayahnya, serta menjadi fasilitator bagi rekan guru lain dalam meningkatkan kualitas .

Penjabat (Pj) Bupati Barito Selatan (Barsel) H. Deddy Winarwan dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Mirwansyah mengatakan guru penggerak adalah guru terbaik yang merasa memiliki tanggung jawab untuk memperbaiki sistem pendidikan di negara ini.

“Keberadaan guru penggerak diharapkan menjadi pemimpin pendidikan masa depan yang mampu membawa kelahiran generasi Indonesia yang unggul. Guru penggerak sebagai pemimpin dalam proses belajar mengajar harus dapat membantu perkembangan murid secara menyeluruh, aktif, dan proaktif, juga harus dapat memotivasi guru lain untuk menerapkan pendekatan belajar yang berfokus pada siswa dan menjadi contoh agar perubahan dalam ekosistem pendidikan untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang ideal,” katanya, Rabu (15/5/2024).

Program Pendidikan Guru Penggerak ini telah dikawal oleh Balai Guru Penggerak Provinsi Kalteng dan Barsel, oleh karena itu tak lupa saya mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kerjasamanya agar program ini dapat terselenggara dan berhasil dengan baik.

“Kepada calon guru Penggerak yang hari ini telah menyelesaikan tahap akhir pendidikannya melalui Festival Panen Belajar ini saya ucapkan Selamat, semoga nanti semua calon guru penggerak ini dapat lulus dengan memuaskan,” pungkasnya. (lam)