Pemkab Barsel Optimalkan Produk Karet, Rotan dan Batu Bata

Sekretaris Daerah (Sekda) Barsel, Eddy Purwanto

, Pemerintah Kabupaten () terus berupaya mengoptimalkan ketersediaan sumber daya alam (SDA) daerah.

Pemerintah Daerah Barsel saat ini tengah membidik peluang pengembangan dari tiga produk lokal seperti karet, serta batu bata, dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Barsel, Eddy Purwanto mengatakan, tiga jenis produk lokal itu dipilih didasarkan geografis wilayah serta pola kehidupan usaha masyarakat lokal.

“Rotan dan karet telah menjadi mata pencaharian penduduk sejak jauh hari. Sementara geliat usaha batu bata berkembang di kabupaten. Pendistribusiannya telah dikenal luas hingga ke luar daerah,” katanya, Rabu, (15/5/2024).

Menurut Sekda, bahwa pengelolaan sektor dimaksud akan terus dikuatkan di tahun 2024 dan tahun selanjutnya.

Perlu diketahui, kata mantan Kepala Bappeda Barsel itu, bahwa setiap kecamatan memiliki potensi alam berbeda, sehingga pemerintah daerah Barsel akan berencana melaksanakan program penentuan kawasan sesuai potensi daerah.

“Pastinya dalam pelaksanaan kegiatan lebih terkonsentrasi, sehingga tidak terkesan mubazir,” tegasnya.

Masih kata Eddy Purwanto, bahwa dalam pengoptimalan tiga produk daerah, rotan, karet dan batu bata itu, sudah pasti akan didukung dengan program peningkatan sumber daya manusia (SDM). Jelasnya pemerintah daerah Barsel melalui dinas terkait akan terus menumbuhkan pengetahuan dan ketrampilan supaya mampu mengembangkan sumber daya alam (SDA) dengan baik,” terangnya.

“Pengoptimalan sektor itu mampu memacu komoditi dalam daerah sekaligus merangsang usaha lokal, sehingga pada akhirnya mendukung peningkatan taraf hidup masyarakat,” pungkasnya. (lam)