Tingkatkan Program Pengembangan Kolam Ikan

, – Dinas Ketahanan , dan (DKPPP) (Barsel) berupaya meningkatkan kualitas baik dari sisi produktivitas serta serta intensitas pengembangan secara merata di bidang perikanan.

Hal ini disampaikan Kepala , Ida Safitri hal tersebut merupakan salah satu prioritas pengembangan yang dilaksanakan melalui berbagai program, salah satunya adalah pengembangan kolam perikanan masyarakat.

“Menyangkut pola yang diterapkan, pihaknya akan menerapkan secara berkelompok dan perorangan. Selain pembuatan kolam, juga disuplai bibit pembenihan ikan serta pakan untuk awal pengembangan,” katanya, Rabu (15/5/2024).

Masih dikatakan Ida Safitri seiring dengan waktu, para pelaku usaha perikanan dituntut untuk dapat mandiri sehingga, dapat meningkatkan tingkat produktivitas perikanan di Barsel, meskipun hingga saat ini peningkatan di bidang perikanan belum tampak signifikan, apabila dibandingkan sektor pertanian serta .

“Tetapi sejauh ini, dampak yang dihasilkan cukup positif dalam pengembangan di sektor perikanan untuk wilayah Barsel, apabila dibandingkan dengan sebelumnya,” ucap Kepala DKPPP Barsel.

Dijelaskan sejauh ini pihaknya mengakui ada banyak kendala yang dihadapi di lapangan, diantaranya adalah penentuan tempat pengembangan yang seringkali, mengalami perubahan setelah dilakukan survey.

“Semua itu terjadi karena terbentur kendala teknis berdasarkan survey, dan diperlukan kembali perencanaan ulang dan akan memakan waktu lebih lama,” jelasnya.

Ditambahkan kendala pada Sumber Daya Manusia (SDM) yang merupakan pemula, sehingga diperlukan pembimbingan yang lebih terarah dalam penanganannya tersebut.

“Tetapi dari sisi pemasaran, tampaknya tidak begitu terkendala, karena telah terbangun jaringan dalam pengembangan di lapangan, baik upaya dari pihaknya ataupun dari para petani ikan,” pungkasnya. (lam)