Legislator Barsel ini Mengimbau, Setiap Perusahaan Jangan Diskriminatif

, – Kalangan meminta sekaligus mengimbau, dalam rangka memberikan kesejahteraan dan menanggulangi masalah penggangguran bagi masyarakat di Kabupaten (Barsel), diharapkan perusahaan yang beroperasi atau berinvestasi di wilayah Barsel tidak diskriminatif.

“Pastinya setiap perusahaan harus bisa melaksanakan asas terbuka, bebas, obyektif dan adil,” kata Bhaskarogra Basuki, Jum'at (28/6/2024).

Bhaskarogra Basuki mengatakan, Pemerintah Daerah Barsel harus membuat kebijakan yang membantu dan memberikan fasilitas dengan pengaturan, agar para pencari kerja mendapatkan informasi.

“Tentunya kesempatan serta peluang untuk mendapatkan pekerjaan pada setiap perusahaan yang beroperasi di wilayah Barsel,” ucapnya.

Dikatakan politisi dari Barsel itu, dengan telah dikeluarkannya Peraturan Bupati (Perbup) Barito Selatan nomor 30 tahun 2012 tentang penggunaan tenaga kerja lokal di perusahaan pada wilayah Kabupaten Barsel.

Maka diharapkan, kata dia, setiap perusahaan yang berinvestasi bisa lebih terjalin lagi kemitraannya, baik dengan pemerintah maupun masyarakat dalam hal memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat.

Wakil rakyat dapil II itu mengharapkan, kepada pengusaha yang memerlukan tenaga kerja dapat merekrut sendiri tenaga kerja yang di butuhkan atau melalui penempatan tenaga kerja.

Sebab, kata dia, dalam pelaksanaan penempatan tenaga kerja wajib memberikan perlindungan sejak rekrutmen sampai penempatan tenaga kerja hingga mempekerjakan tenaga kerja.

“Dan perlu diingat setiap perusahaan harus memberikan perlindungan yang mencakup kesejahteraan, keselamatan dan baik mental maupun fisik,” pungkasnya. (lam)